Makna Tiga Warna di Jersey Baru Semen Padang FC

  • Whatsapp
Pemain Semen Padang FC (SPFC) memperkenalkan jersey baru di Lapangan Golf bekas tambang Clay PT Semen Padang dengan latar belakang pabrik. (Foto: Dok. Media Officer SPFC)
Pemain Semen Padang FC (SPFC) memperkenalkan jersey baru di Lapangan Golf bekas tambang Clay PT Semen Padang dengan latar belakang pabrik. (Foto: Dok. Media Officer SPFC)

HALONUSA.COM – Semen Padang Football Club (SPFC) resmi meluncurkan jersey baru untuk menghadapi kompetisi Liga 2 2021. Ada tiga warna yang identik dengan bendera Marawa yang berasal dari Minangkabau.

Dari ketiga warna pada bendera Marawa, masing-masing warna memiliki fungsi masing-masing. Warna merah digunakan untuk jersey kandang, kuning ketika bermain tandang dan baju ketiga yang berwarna hitam.

Bacaan Lainnya

Agar terlihat lebih menarik, masing-masing jersey juga diberi motif ukuran khas Ranah Minang yang memiliki makna dan diharapkan bisa memberi ‘tuah’ bagi tim ‘Kabau Sirah’ (julukan SPFC).

Jersey kandang tim diberi warna merah dengan motif ukiran Kalauak Paku dan Itiak Pulang Patang

Warna merah mendeskripsikan sikap berani dan pantang menyerah. Kaluak Paku, mengartikan bahwa tim harus terus belajar sehingga akan terimplementasi sikap saling peduli dan merangkul satu sama lain di dalam tim.

Sementara untuk motif Itiak Pulang Patang melambangkan kesepakatan, keteraturan, saiyo sakato (seiring sejalan) dan persatuan yang kokoh di dalam masyarakat Minangkabau.

“Makna yang terkandung di dalam jersey ini diharapkan bisa menjadi nilai bagi pemain kami untuk menjadikan tim ini selalu kompak agar tujuan yang diidamkan bisa terwujud,” ujar Manajer Semen Padang FC, Effendi Syahputra dalam keterangan tertulisnya, Minggu (12/9/2021).

Selain itu, kata Effendi, dua motif tersebut juga dipakai untuk jersey ketiga tim. Adapun gambar Gonjong Rumah Gadang di bagian dada baju menggambarkan identitas orang Minangkabau yang pantang menyerah.

Pos terkait