Maladministrasi Dilakukan Wali Nagari RGMS Pessel, Inspektorat Minta Dinas DPMD Untuk Menindaklanjutinya

Kantor Inspektorat Pesisir Selatan
Kantor Inspektorat Pesisir Selatan

Diakuinya, sejauh ini memang ada beberapa laporan dari perangkat nagari terkait kasus yang sama sesuai laporan, dan tembusan dari Ombudsman Sumbar tentang pemberhentian sepihak tanpa melalui prosedur yang tepat dilakukan oleh wali nagari di Pesisir Selatan.

“Ada beberapa laporan yang sama disampaikan ke kita. Tapi untuk maladministrasi itu menjadi kewenangan dinas DPMD. Jadi kita serahkan dinas DPMD untuk menyelesaikannya,”ucap Rusdi.

Bacaan Lainnya

Kendati demikian, katanya, dari adanya beberapa laporan tersebut, ia meminta DPMD untuk melakukan pembinaan terkait persoalan itu. Agar tidak terjadi kesalahan yang sama karena kurangnya pemahaman proses dan prosedur yang telah diatur sesuai aturan yang berlaku.

“Setidaknya, harus ada pembinaan kepada wali nagari dan dipaparkan aturan serta undang-undangnya kepada wali nagari. Agar mereka faham prosedur yang jelasnya jika ingin mengganti dan memberhentikan perangkat nagari,”pungkasnya.

Sementara itu, Kepala Dinas DPMD Pessel melalui Kabid Pemerintahan Nagari saat dihubungi wartawan mengkonfirmasi laporan tersebut, belum menjawabnya, dan wartawan akan berupaya kembali mempertanyakan laporan dan putusan akhir dari Ombudsman Sumbar atas maladministrasi yang dilakukan oleh wali nagari Rawang Gunung Malelo Surantih, Kecamatan Sutera tersebut.

Pos terkait