Maling Uang Belasan Juta di Padang Gunakan Hasil Kejahatan untuk Pesan PSK Hingga Narkoba

Maling Uang Belasan Juta di Padang Gunakan Hasil Kejahatan untuk Pesan PSK Hingga Narkoba
Pelaku Maling Uang Belasan Juta di Padang
HALONUSA.COM - Pria yang dibekuk Tim Gabungan Polsek Bungus Teluk Kabung dan Polda Sumbar mengaku menggunakan uang hasil curian untuk berfoya-foya.

"Dari hasil interogasi, pelaku mengaku menggunakan uang hasil curian tersebut untuk berfoya-foya," kata Kata Kapolsek Bungus Teluk Kabung, Kompol Al Indra.

Ia mengatakan bahwa pelaku menggunakan uang sebesar Rp12 juta tersebut untuk membeli HP, memesan PSK hingga membeli narkoba jenis sabu-sabu.

Ia menyatakan bahwa pelaku juga merupakan residivis yang baru sehari keluar dari penjara saat melakukan aksi pencurian di daerah Kelurahan Teluk Kabung.

"Dari pengakuannya, dia baru keluar dari penjara pada tanggal 22 April 2023 lalu," katanya.

Sebelumnya, seorang pria berinisial I (43) dibekuk tim gabungan Polsek Bungus Teluk Kabung dan Polda Sumbar di Kecamatan Tanjung Alam, Kabupaten Agam.

"Ia ditangkap atas dugaan pencurian dengan pemberatan yang dilakukannya pada bulan April lalu," kata Kapolsek Bungus Teluk Kabung, Kompol Al Indra.

Ia mengatakan, pencurian yang diduga dilakukan oleh pria tersebut berawal saat korban dengan inisial Z (51) sampai di rumahnya di Kelurahan Teluk Kabung pada Minggu 23 April 2023 sekitar pukul 01.00 WIB.

"Saat sampai di rumah, korban menggantung celananya di belakang pintu kamar. Di dalam celana tersebut terdapat dompet yang berisi uang sebanyak Rp12 juta dan satu unit HP," katanya.

Saat korban bangun sekitar pukul 07.00 WIB, dompet dan HP miliknya sudah tidak ada lagi di dalam kantong celananya.

"Setelah korban mengecek CCTV rumahnya, ia melihat ada seseorang yang masuk ke dalam rumahnya dengan mencongkel pintu rumah," lanjutnya.

Ia mengatakan, korban langsung melaporkan hal tersebut ke Polsek Bungus Teluk Kabung. "Setelah mendapatkan laporan tersebut, tim langsung melakukan penyelidikan," lanjutnya.

Menurutnya, pihaknya berkoordinasi dengan tim Cyber Polda Sumbar untuk mengetahui keberadaan HP yang diambil oleh pelaku.

"Setelah dilakukan pelacakan, ternyata HP tersebut berada di daerah Kapau, Kecamatan Tanjung Alam, Kabupaten Agam," katanya.

Ia mengatakan, setelah mengetahui hal tersebut tim gabungan itu langsung mencari tahu titik lokasi dan menemukan pelaku saat berada di rumah sepupunya.

"Pelaku langsung kami bawa ke Mapolsek Bungus Teluk Kabung bersama barang bukti barang-barang yang dibeli oleh pelaku menggunakan uang yang dicurinya," lanjutnya.

Ia mengatakan bahwa pelaku akan diancam dengan pasal 363 Kitab Undang-undang Hukum Pidana (KUHP) dengan ancaman hukuman maksimal 7 tahun penjara. (*)

Berita Lainnya

Index