Mega Korupsi Dibongkar Aparat Penegak Hukum, Andre Rosiade Ungkap Peran Prabowo Subianto-Erick Thohir

Anggota Komisi VI DPR RI, Andre Rosiade. (Foto: Dok. Istimewa)
Anggota Komisi VI DPR RI, Andre Rosiade. (Foto: Dok. Istimewa)

HALONUSA.COM – Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyinggung keberhasilan aparat penegak hukum mengungkap kasus mega korupsi di Badan Usaha Milik Negara (BUMN) seperti Jiwasraya, ASABRI, hingga Garuda Indonesia.

Hal tersebut disampaikan saat sidang tahunan MPR dan sidang bersama DPR dan DPD dalam rangka HUT ke-77 RI.

Bacaan Lainnya

Menanggapi hal itu, anggota Komisi VI DPR RI dari Fraksi Gerindra Andre Rosiade menyampaikan apresiasi terhadap agenda pemberantasan korupsi, khususnya di lingkungan BUMN, yang terus dilakukan Presiden Jokowi.

“Kami mengapresiasi capaian pemerintahan Pak Jokowi, khususnya di bidang hukum. Kasus korupsi di BUMN, seperti Jiwasraya, ASABRI, dan Garuda Indonesia, diungkap,” kata Andre kepada awak media, Kamis (18/8/2022).

Menurut Andre, capaian yang ditorehkan pemerintah merupakan buah kerja nyata berbagai pihak, salah satunya Partai Gerindra. Andre mengatakan secara konsisten Fraksi Gerindra di DPR memberikan dukungan politik agar kasus rasuah yang membelit tiga BUMN itu dapat segera diungkap.

“Dari awal, Fraksi Gerindra di Komisi VI mendukung pemberantasan korupsi di Jiwasraya. Bahkan sejak November 2019, melalui rapat-rapat resmi di DPR kami mendorong Kementerian BUMN agar kasus Jiwasraya dilaporkan. Akhirnya, atas instruksi Menteri BUMN Erick Thohir, Pak Tiko (Wamen 2 BUMN) melaporkan kasus tersebut ke Kejaksaan Agung,” kata Andre.

Bukan hanya Jiwasraya, Andre melanjutkan, Fraksi Gerindra juga memberi perhatian khusus terhadap kasus Garuda Indonesia dan ASABRI.

Andre mengungkap Ketua Umum Partai Gerindra, Prabowo Subianto memberikan instruksi langsung kepada kadernya untuk mendukung langkah penyelamatan maskapai kebanggaan nasional.

Di kasus ASABRI, lanjut Andre, Prabowo Subianto, yang juga menjabat Menteri Pertahanan, berkolaborasi dengan Menteri BUMN Erick Thohir mensupervisi langsung proses perbaikan di lingkungan perusahaan asuransi pelat merah tersebut.

“Dalam rapat-rapat kerja Komisi VI dengan Kementerian BUMN kami Fraksi Gerindra mendorong agar kasus Garuda Indonesia dilaporkan ke penegak hukum. Atas dorongan itu, Menteri BUMN Erick Thohir bahkan memimpin langsung laporan kasus Garuda ke Kejaksaan Agung. Gerindra juga yang mendukung langkah-langkah penyelamatan Garuda. Bahkan ada instruksi langsung dari Pak Prabowo kepada kader-kadernya untuk menyelamatkan Garuda,” terang Ketua DPD Gerindra Sumatera Barat ini.

“Kami juga mendorong dugaan korupsi ASABRI dibongkar. Saat ini kondisi keuangan ASABRI sudah mulai membaik. Pembenahan terus dilakukan melalui kolaborasi dan kerja nyata Pak Prabowo dan Pak Erick Thohir,” imbuhnya. (*)

Baca juga:

Pos terkait