Megawati: Generasi Muda Jangan Puas di Zona Nyaman

Megawati Soekaroputri bersama Puan Maharani-Instagram-Halonusa.com-
Megawati Soekaroputri bersama Puan Maharani (Dokumen pribadi)

HALONUSA.COM – Presiden kelima Republik Indonesia, Megawati Soekarno Putri menyatakan bahwa generasi muda Indonesia jangan puas berada di zona nyaman.

Pasalnya, kemungkinan Indonesia kembali dijajah oleh bangsa asing masih bisa terjadi. Hal tersebut dikarenakan ketahanan pangan dunia yang semakin menipis.

Menurutnya, kondisi ekonomi global tengah dihadapkan pada krisis pangan dunia, Hal tersebut berdasarkan prakiraan para ahli lingkungan, sehingga Indonesia dengan segala kekayaan alam dan pangan berpotensi menjadi sasaran bangsa asing.

Bacaan Lainnya

Ia menilai Indonesia yang tanpa dipengaruhi adanya musim salju seperti beberapa negara lain, berpotensi untuk kembali dijajah oleh bangsa-bangsa yang hendak memenuhi kebutuhan pangan-nya di tengah krisis.

“Kenapa bisa kembali [dijajah]? Sudah banyak ahli lingkungan yang mengatakan bisa terjadi kekurangan pangan di dunia. Kita ini negara kaya, tapi apa mau dijajah lagi?,” katanya seperti dikutip dari Bisnis Indonesia, Rabu (1/6/2022).

Ketua Dewan Pengarah Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) ini pun meminta kepada generasi muda untuk tetap memiliki semangat juang meskipun saat ini hidup di era kemerdekaan. Menurutnya, generasi muda saat ini tidak boleh terjebak di zona nyaman meski hidup di era Kemerdekaan.

“Saya bilang kepada generasi muda, jangan berpikiran seperti ini, kalau merdeka ya merdeka, kita yang nikmati. Tidak ada menerima dengan begitu saja. Jangan berpikiran kamu hidup nyaman kalau tidak ada semangat juang untuk mempertahankan yang namanya NKRI dengan kepaduan,” tutupnya.

 

Pos terkait