Memahami Tema, Logo, Filosofi dan Sejarah Hari Pahlawan 2021

logo-hari-pahlawan-2021-Pahlawanku-Inspirasiku-Halonusa-
Logo Hari Pahlawan 2021 (Kementerian Sosial)

HALONUSA.COM – 10 November, rakyat Indonesia memperingati Hari Pahlawan. Hari Pahlawan 2021, Kementerian Sosial Republik Indonesia merilis logo, tema peringatan Hari Pahlawan Nasional 2021.

Memahami Logo Hari Pahlawan 2021, yang mana di tahun ini logo Hari Pahlawan Nasional memiliki filosofi, makna yang setiap tahunnya memiliki ulasan ketika diperingati.

Bacaan Lainnya

Simak berikut memahami makna tema, filosofi dari logo Hari Pahlawan 2021.

Tema Hari Pahlawan 2021

Peringatan Hari Pahlawan 2021 tentu memiliki sejarah dan makna seperti yang dirilis Kementerian Sosial (Kemensos) RI.

Memahami sejarah Hari Pahlawan dengan mengangkat tema ‘Pahlawanku Inspirasiku’.

Baca juga: Profil Rohana Kudus, Jurnalis Perempuan Pertama di Indonesia dan Pahlawan Nasional dari Minangkabau

Adapun peringatan Hari Pahlawan berdasar sejarah ditujukan untuk:

  • Mengenang dan menghormati perjuangan para pahlawan dan pejuang dalam mempertahankan kemerdekaan.

  • Membangun ingatan kolektif untuk kemudian menggerakkan kesadaran masyarakat agar mau meneladani dan mengimplementasikan nilai-nilai luhur pahlawan dalam kehidupan sehari-hari.

  • Memperkuat Persatuan dan kesatuan bangsa dengan dilandasi semangat dan nilai kepahlawanan dalam bingkai Negara kesatuan Republik Indonesia

  • Meningkatkan rasa kecintaan serta kebanggaan sebagai bangsa dan negara Indonesia.

Makna dan Filosofi Logo Hari Pahlawan 2021

Logo Hari Pahlawan 2021 (Kemensos RI)

Menukil dari laman resmi Kemensos RI, berikut 5 makna dan filosofi dari logo Hari Pahlawan Nasional 2021:

Bambu Runcing

  • Bambu runcing menjadi senjata yang digunakan para pejuang kemerdekaan. Senjata ini adalah simbol keberanian para pejuang dalam menghadapi penjajahan di masa lalu.

Buku

  • Buku menjadi simbol inspirasi generasi masa kini untuk mengenang kisah heroik para pahlawan kemerdekaan. Melalui buku, generasi saat ini bisa kembali mengenang perjuangan para pahlawan.

Menolong

  • Simbol menolong yang dimuat dalam logo Hari Pahlawan bermakna pengorbanan para pahlawan untuk menolong orang lain, di mana mereka rela mengorbankan kenyamanan diri sendiri.

Bendera Merah Putih

  • Bendera merah putih adalah simbol bangsa Indonesia. Bendera menjadi warisan yang harus dijaga dengan mewujudkan tujuan bernegara, yaitu melindungi segenap bangsa Indonesia dan seluruh tumpah darah Indonesia, memajukan kesejahteraan umum, mencerdaskan kehidupan bangsa, melaksanakan ketertiban dunia yang berdasarkan kemerdekaan, perdamaian abadi dan keadilan sosial.

Kepalan Tangan

  • Kepalan tangan yang dimuat dalam logo Hari Pahlawan bermakna simbol keteguhan para pahlawan dalam memperjuangkan kemerdekaan Indonesia. Generasi saat ini diharapkan dapat memiliki keteguhan yang sama dalam mempertahankan kemerdekaan.

Sejarah Singkat Hari Pahlawan 2021

Pos terkait