Memulihkan Ekonomi Sektor Pariwisata, Pokdarwis Pesisir Selatan perlu Meningkatkan Peran

Memulihkan Ekonomi Sektor Pariwisata, Pokdarwis Pesisir Selatan perlu Meningkatkan Peran
Pecinta olahraga minat khusus (diving) menikmati wisata bahari perairan Sumatra di Pesisir Selatan, Sumatera Barat. Sabtu (26/9/2020). Pemerintah bakal menggelontorkan anggaran sebesar Rp 1 triliun untuk pemulihan sektor pariwisata di dalam negeri melalui
HALONUSA.COM - Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan, Sumbar akan terus meningkatkan peran kelompok sadar wisata (Pokdarwis) menjelang 2021.

Mengingat pandemi Covid-19 di Pesisir Selatan masih belum diketahui kapan berakhir.

Situasi ini dianggap akan memberi dampak menurunnya kunjungan wisata.

"Sikap dan perilaku masyarakat salah satu penentu maju dan berkembangnya sektor pariwisata sebuah daerah," kata Sekretaris kabupaten (Sekkab) Pesisir Selatan, Erizon, Senin (21/12/2020).

Baca juga: Layani Penumpang Libur Natal dan Tahun Baru, RCI Terapkan Protokol Kesehatan Covid-19

Menurutnya sikap dan perilaku yang baik termasuk salah satu pembangunan bidang karakteristik yang tidak bisa dikesampingkan.

"Pariwisata di Pesisir Selatan harus kembali bangkit dengan cara mengedepankan protokol kesehatan Covid-19," kata Erizon.

Libur natal dan tahun baru 2021 diperkirakan tingkat kunjungan kawasan wisata di Pesisir Selatan, Sumbar akan meningkat.

Baca juga: Sekda Pemkab Pesisir Selatan Instruksikan Kerja OPD Tuntas Akhir Tahun

"Situasi sebelum pandemi tingkat kunjungan tinggi, maka dalam situasi ini pula mari kita kembali bangkit dengan menggalakan gerakan 3M," katanya.

Mendukung tingkat kunjungan tentunya perlu dukungan dari partisipasi masyarakat dalam menciptakan lingkungan yang nyaman di setiap destinasi wisata.

"Sudah seharusnya sikap dan perilaku masyarakat dijaga untuk memulihkan ekonomi usaha daerah," harapnya. (tan)

Berita Lainnya

Index