Mendikbudristek Siapkan Skema PTM 100 Persen Untuk Perguruan Tinggi

Pembelajaran Tatap Muka (PTM). (Foto: Dok. Halbert Caniago)
Pembelajaran Tatap Muka (PTM). (Foto: Dok. Halbert Caniago)

HALONUSA.COM – Kementrian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi sedang menyiapkan skema Pembelajaran Tatap Muka (PTM) terbatas 100 persen untuk Mahasiswa di Perguruan Tinggi.

Hal tersebut diungkapkan oleh Plt Dirjen Pendidikan Tinggi, Riset, dan Teknologi Kemendikbud Ristek, Nizam.

“(untuk PTM 100 persen) Semester depan ini, semester ini kita akan mulai tambah-tambah lagi. Jadi ini sedang dievaluasi, keliatannya beberapa sudah sangat siap untuk full 100 persen, beberapa (PTN) belum. Jadi nanti kami menyesuaikan,” katanya.

Bacaan Lainnya

Ia mengatakan, belum lama ini rata-rata Perguruan Tinggi Negeri (PTN) telah melaksanakan PTM 50 persen. Mulai dari tingkatan awal, seperti mahasiswa-mahasiswa baru Tahun Ajaran 2020/2021.

“Untuk Kriteria kampus yang dapat menggelar PTM terbatas 100 persen, nanti akan mengikuti SKB 4 Menteri,” lanjutnya.

Pemerintah telah menerbitkan SKB 4 Menteri untuk pembelajaran pada jenjang pendidikan dasar dan menengah. Salah satu kriterianya adalah capaian vaksinasi bagi tenaga pendidik.

“Ya, jadi kita dorong betul yang belum vaksinasi untuk vaksinasi dan protokol kesehatan di kampus dijaga ketat,” katanya.

ia meminta agar protokol kesehatan di lingkungan kampus dijaga ketat dengan penggunaan masker, membatasi kerumunan dan yang lainnya.

“Jadi sudah banyak yang menyiapkan thermo gun, tempat cuci tangan. Jadi ada semacam pasukan siaga mahasiswa yang setiap hari memantau memastikan teman-temannya sehat,” tutupnya.

Pos terkait