Mengaku TNI, Polisi, Wartawan dan Anggota BIN, Pria di Kabupaten 50 Kota Ditangkap

Ilustrasi premanisme-pikiran rakyat-halonusa

HALONUSA.COM – Mengaku sebagai anggota Badan Intelijen Negara (BIN), seorang lelaki dibekuk Unit Itel Kodim 0306 50 Kota.

lelaki yang diketahui berinisial AS (43) tersebut dibekuk pada Kamis 24 November 2022 di daerah Kota Payakumbuh sekitar pukul 23.00 WIB.

Dandim 0306 50 Kota, Letkol Infanteri Mochammad Denny Nur Cahyono mengatakan bahwa pihaknya mendapatkan laporan dari masyarakat bahwa ada yang mengaku sebagai anggota BIN.

Bacaan Lainnya

“Tidak hanya mengaku sebagai anggota BIN, pelaku ini juga kerap mengaku sebagai anggota TNI juga,” katanya.

“Dia mengaku anggota BIN, Polisi, TNI dari Kodam I Bukit Barisan dan wartawan juga,” lanjutnya.

Ia mengatakan, lelaki tersebut mengaku sebagai aparat untuk melakukan pemalakan atau pungutan liar. Dari penangkapan ini disita sejumlah barang bukti.

“Jadi motifnya menekan masyarakat untuk mengambil keuntungan. Yang jelas seperti pemalakan, pungutan liar,” katanya.

Keberadaan AS terdeteksi ketika itu berada di rumah salah seorang warga. Denny mengungkapkan, dari laporan warga itu tim kemudian melakukan penggrebekan.

“Diamankan di rumah warga, lagi mau malak orang. Dalam mobilnya banyak kartu identitas ditemukan. Ada juga kaos Kodam, topi polisi dan TNI,” jelasnya.

Usai mengamankan AS dan menyita sejumlah barang bukti, yang bersangkutan kemudian diserahkan ke Polres Payakumbuh. “Saat ini, AS dalam pemeriksaan pihak kepolisian,” tutupnya. (*)

Pos terkait