Mengenal Sekilas Istilah Mountaineering Hingga Teknik Dasarnya, Dalam Aktivitas Pendakian Gunung

Mengenal Sekilas Istilah Mountaineering Hingga Teknik Dasarnya, Dalam Aktivitas Pendakian Gunung (Foto: Dok. Istimewa/Halonusa)
Mengenal Sekilas Istilah Mountaineering Hingga Teknik Dasarnya, Dalam Aktivitas Pendakian Gunung (Foto: Dok.Istimewa/Halonusa)

HALONUSA.COM – Pernahkah kamu mendengar istilah mountaineering? Istilah keren ini telah sangat dikenal di kalangan para penggiat pendakian gunung.

Sebelum mendaki gunung tentu ada beberapa hal yang perlu disiapkan.

Bacaan Lainnya

Selain peralatan dan kondisi fisik yang prima, kegiatan alam bebas yang memerlukan peralatan tertentu serta keterampilan atau keahlian yang memadai, oleh karena risiko yang dihadapi sangat tinggi.

Mendaki gunung bukan olah raga biasa, setidaknya pendaki gunung harus memiliki mental yang lebih serta keterampilan, kecerdasan, kekuatan dan daya juang yang tinggi.

Hal ini karena tantangan yang akan ia hadapi ketika menjalankan aktivitasnya sebagai penggiat alam bebas.

Pada hakikatnya tantangan yang dihadapi itu akan menguji kemampuan diri sendiri.

Keberhasilan itu berarti kama dapat menaklukkan terhadap rasa takut dan kemenangan menghadapi diri sendiri.

Jika ini adalah kali pertama kamu menjajal aktivitas alam atau beraktivitas kegiatan luar ruang, ada beberapa istilah pendakian yang wajib kamu ketahui.

Pengertian Sederhana Mountaineering

Mountaineering, berasal dari kata dasar mountain yang memiliki arti gunung.

Secara sederhana, istilah ini dapat diartikan sebagai serangkaian aktivitas atau kegiatan pendakian yang dilakukan oleh seorang atau sekelompok orang.

Aktivitas yang dimaksud biasanya bertujuan untuk mencapai 1 titik tertentu, dan melewati berbagai kondisi alam di lintasannya.

Mountaineering sendiri kemudian dibagi ke dalam beberapa klasifikasi berdasarkan tingkat kesulitan dan teknik dasar yang digunakan.

Pos terkait