Mengenang Pionir Pergerakan Media di Indonesia, Roehana Koeddoes tampil di Google Doodle

Mengenang-Roehana-Koeddoes-Google-Doodle-8-November-2021-Rohana-Roehana-Kudus-
Mengenang Roehana Koeddoes

HALONUSA.COM – Pada tampilan Google, 8 November 2021 menampilkan Roehana Koeddoes di Google Doodle hari ini. Lalu siapa dia?

Doodle hari ini merayakan pendidik dan jurnalis Indonesia Roehana Koeddoes, pejuang seumur hidup untuk memperjuangkan kesetaraan dan kebebasan berekspresi perempuan.

Bacaan Lainnya

Atas prestasi kepeloporannya, pemerintah Indonesia menobatkannya sebagai pahlawan nasional pada hari ini di tahun 2019 oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi). Roehana Koeddoes lahir sebagai Siti Roehana,. 20 Desember 1884, di kota kecil Koto Gadang, Sumatera Barat, Hindia Belanda (sekarang Indonesia).

Dibesarkan selama era ketika perempuan Indonesia umumnya tidak mendapat pendidikan formal, ia mengembangkan kecintaan membaca dengan membaca halaman-halaman surat kabar lokal dan berbagi berita lokal dengan teman-temannya pada usia tujuh tahun.

Pada tahun 1911, ia mengabdikan diri di bidang pendidikan dengan mendirikan sekolah pertama di Indonesia yang khusus diperuntukkan bagi perempuan.

Didirikan di kota kelahirannya, sekolah Koeddoes (Rohana School) memberdayakan perempuan melalui berbagai program, mulai dari pengajaran literasi bahasa Arab hingga moralitas.

Ruhana Kudus memperluas pengaruhnya setelah pindah ke Bukittinggi, sebuah kota besar di Sumatera Barat, yang terkenal dengan jam gadangnya.

Rohana Kudus menjadi salah satu jurnalis wanita pertama di Indonesia, dari sini Roehana memainkan peran kunci dalam perintis surat kabar perempuan yang disebut “(Soenting Melajoe/Sunting Melayu).”

Kali pertama terbit di Indonesia yang langsung menginspirasi perkembangan beberapa surat kabar perempuan Indonesia yang berpengaruh lainnya.

Pos terkait