Menpan RB Tjahjo Kumolo Meninggal Dunia di Hari Jumat, Ini Keutamaan yang Akan Didapatkan

Menpan RB Tjahjo Kumolo
Menpan RB Tjahjo Kumolo

HALONUSA.COM – Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan RB) Tjahjo Kumolo dikabarkan meninggal dunia hari ini, Jumat (1/07/2022).

Dalam Islam, ada beberapa keutamaan yang diperoleh seseorang jika meninggal dunia pada hari Jumat atau pada malam harinya.

Bacaan Lainnya

Seperti Menpan RB yang meninggal dunia pada hari Jumat, dia akan mendapatkan beberapa keutamaan yang telah dijanjikan.

Penjelasan dari Direktur Departemen Portal Elektronik Dar al-Ifta Mesir, Syekh Ahmad Wissam, menyampaikan bahwa memang beberapa ulama berpendapat kematian yang terjadi pada hari Jumat itu merupakan tanda yang baik.

Sementara itu, mantan Mufti Agung Mesir Syekh Ali Jumah menyampaikan, seorang Muslim boleh memandang bahwa meninggal dunia pada Jumat adalah tanda yang baik, sebagaimana hadits Nabi Muhammad SAW. Rasulullah SAW bersabda:

ما من مسلم يموت يوم الجمعة إلا وقاه الله فتنة القبر

“Tidaklah seorang Muslim yang meninggal pada hari Jumat atau Jumat malam, kecuali Allah SWT akan melindunginya dari siksa kubur.”

Hadits ini diriwayatkan At Tirmidzi dari Rabi’ah bin Yusuf dari Ibnu Amr bin Al Ash. Menurut al-Tirmidzi, hadits ini tergolong gharib, tidak bersambung sanadnya, tidak pernah diketahui Rabi’ah mendengar dari Ibnu Amr. Namun At Thabrani menyatakan hadits tersebut muttashil (tersambung sanadnya).

Syekh Jumah juga menjelaskan, terhadap hadits tersebut, Imam Tirmidzi menilai hadits itu memiliki kelemahan. Sedangkan Imam Bukhari meriwayatkan bahwa siapapun yang meninggal pada hari Senin juga merupakan tanda yang baik. Sebab pada hari Senin Rasulullah SAW wafat.

Pos terkait