Mirip Polisi! Alasan Seragam Satpam Berubah Warna Krem

Seragam Satuan Pengamanan (Satpam) bakal berubah warna krem, setelah sebelumnya mirip seragam anggota Polri. Karopenmas Polri Brigjen Ahmad R
Mirip Polisi! Alasan Seragam Satpam Berubah Warna Krem (Ist/Halonusa)

HALONUSA.COM – Seragam Satuan Pengamanan (Satpam) bakal berubah warna krem, setelah sebelumnya mirip warna seragam anggota Polri.

Mulanya seragam Satpam mirip polisi yakni warna cokelat muda keabuan setelah alami perubahan dari warna biru tua.

Bacaan Lainnya

Walau saat ini masih dalam bentuk kajian, namun dalam waktu akan berubah warna krem, kata Karopenmas Polri Brigjen Ahmad Ramadhan kepada wartawan, 12 Januari 2022.

Alasan perubahan pakaian dinas Satpam setelah melihat adanya keluhan dari masyarakat yang bingung dengan seragam Satpam mirip anggota Polri sehingga sulit membedakan.

“Kami mendapat laporan layanan kalau masyarakat bingung atau kesulitan dalam membedakan Polisi dan Satpam,” tutur Brigjen Ahmad Ramadhan.

Ia mengakui profesi Satpam merupakan profesi yang mengemban fungsi kepolisian dalam sektor yang terbatas. Maka sangat membutuhkan identitas tersendiri, sehingga membedakan dengan anggota Polisi.

Sementara pengaturan seragam Satpam tertuang dalam Peraturan Kepolisian Nomor 4 tahun 2020 tentang Pengamanan Swakarsa yang terbit 5 Agustus 2020.

Menilik dari beleid Perkap 4/2020, terdapat penyesuaian baru bagi anggota Satpam. Nantinya bakal ada jenjang kepangkatan terbagi tiga golongan. Selanjutnya akan ada batas umur bagi calon anggota Satpam dan ada pensiunan.

Baca Juga: Duet Pembantu dan Satpam Otaki Perampokan di Kuranji Padang, Ini Peran Mereka

“Warna krem seragam Satpam masih dalam pembahasan di kepolisian dan seragam baru warna krem dan kemungkinan meluncur saat Hari Ulang Tahun (HUT) Satpam,” tukuk Karopenmas Polri Brigjen Ahmad Ramadhan. (*)

Pos terkait