Modus Minta Uang Keamanan, Pemuda di Padang Tipu Pemilik Kafe

HALONUSA.COM – Kepolisian Resor Kota (Polresta) Padang membekuk seorang pelaku penipuan yang kerap beraksi di daerah Kubu Dalam Parak Karakah Kota Padang, Sumatera Barat.

Pelaku yang diketahui bernama Agung Mardianto (26) itu dibekuk di depan Kampus Universitas Putera Indonesia (UPI), Kecamatan Lubuk Begalung Padang.

Bacaan Lainnya

“Tersangka kami amankan atas dasar laporan penipuan yang dilakukan sekitar bulan Agustus 2021 lalu,” kata Kasat Reskrim Polresta Padang, Kompol Rico Fernanda, Sabtu (20/11/2021).

Penangkapan tersebut menurutnya dilakukan atas dasar Laporan Polisi dengan nomor LP/B/623/XI/2021/SPKT/POLRESTA PADANG/POLDA SUMBAR.

“Tersangka ini modusnya meminta uang keamanan kepada korban yang memiliki kafe di daerah tersebut,” lanjutnya.

Ia mengatakan, tersangka meminta uang keamanan kepada korban sejumlah Rp350 ribu setiap enam bulan sekali dan menjamin tidak akan terjadi kasus pencurian di lokasi tersebut.

“Tersangka mengatakan bahwa jika terjadi pencurian di daerah tersebut, ia bersama RW setempat akan mengganti dua kali lipat dari kerugian yang dialami,” lanjutnya.

Tersangka yang menyatakan hal tersebut meninggalkan sebuah nomor handpon yang akan dihubungi jika terjadi pencurian di daerah tersebut.

“Saat korban menghubungi nomor telepon tersebut, ternyata nomor itu tidak aktif dan melaporkan hal tersebut kepada kami,” lanjutnya.

Ia mengatakan, saat ini, tersangka masih diamankan di Mapolresta Padang dan akan dimintai keterangan terkait laporan tersebut.

“Dari tangan tersangka, kami mengamankan satu unit sepeda motor yang digunakan tersangka dan juga kwitansi penerimaan uang oleh tersangka,” tutupnya.

Pos terkait