Nagari Gunuang Padang Alai Dukung Penanggulangan dan Perubahan Iklim menuju Kedaulatan Pangan

  • Whatsapp
SPI Baliri-tanam-bibit-pohon-watani-halonusa.com
SPI Baliri dan SPI Sumbar bersama 25 Kepala Keluarga dan unsur pemerintahan menanam 6 jenis bibit pohon sebanyak 22.000 batang di kawasan penanggulangan dan perubahan iklim kedaulatan pangan, tepatnya di Korong Batang Piaman Katiak, Nagari Gunuang Padang Alai, Kecamatan V Koto Timur, Kabupaten Padang Pariaman, Sumatera Barat (Sumbar).

HALONUSA.COM – Kampung Baliri resmi menjadikan kawasan Korong Batang Piaman Katiak, Nagari Gunuang Padang Alai, Kecamatan V Koto Timur, Kabupaten Padang Pariaman, Sumatera Barat (Sumbar) sebagai kawasan penanggulangan dan perubahan iklim kedaulatan pangan.

Menurut Wali Nagari Gunuang Padang Alai, Edinur menyampaikan, nagari merupakan benteng dalam upaya mewujudkan negara yang kuat, adil dan bijaksana.

Ia pun melanjutkan, bahwasanya pemerintah Nagari Gunuang Padang Alai mendukung kerja nyata Serikat Petani Indonesia (SPI) Basis Baliri.

Sekaitan dengan kawasan penangulangan dan perubahan iklim ini sesuai dengan Kepmendes Nomor 13 tahun 2020. Pemerintah Nagari tidak hanya berwacana.

Baca juga: SPI Baliri Resmi Jadikan Nagari Gunuang Padang Alai Kawasan Wanatani

“Kami bukan saja berwacana namun telah berbuat langsung tentang SGDs dan bersama-sama antara petani dan atau masyarakat adat, begitu juga dengan SPI Basis SPI Baliri,” ungkap Edinur.

Tidak itu saja, ada dorongan bersama dari niniak mamak, alim ulama, cadiak pandai dan bundo kanduang serta pemuda.

“Kekuatan ini pun menjadi nagari menjadi katalisator antara masyarakat dengan pemerintahan yang lebih tinggi guna mewujudkan tatanan yang lebih baik, untuk itu hal ini perlu kita perkuat lagi,” pungkas Didi Rahmadi, Direktur Daulat Institute.

Wilayah ini pun menjadi kawasan watani bersama SPI Wilayah sumbar kemudian BPDAS-HL, LSM Daulat Institute dan Pemerintahan Nagari Gunuang padang Alai.

Tokoh masyarakat Batang Piaman, Zulnaidi menyampaikan, deklarasi kawasan ini akan menjadi alur untuk mendukung skill set dan toolset.

Pos terkait