Namanya Hongcin, Polwan Dharmasraya Ini Kerap Dikira Keturunan Tionghoa, Padahal…

Briptu Hongcin. (Foto: Dok. Pribadi/Briptu Hongcin)
Briptu Hongcin. (Foto: Dok. Pribadi/Briptu Hongcin)

HALONUSA.COM – Polres Dharmasraya bak mutiara di lautan terdalam. Betapa tidak, sejumlah anggotanya dinilai punya kapabilitas dan mumpuni dalam melaksanaka tugas.

Sebut saja Bripda Daffa Rahmanda yang berbakat di bidang tarik suara, Bripka Hendra Susanto dan terbaru ada Briptu Hongcin.

Nama terakhir tersebut baru-baru ini menarik perhatian baik dari internal Polri atau luar Polri itu sendiri.

Bacaan Lainnya

Selain namanya yang unik, Hongcin diketahui lahir pada tanggal 1 Juli 1997 atau bertepatan dengan Hari Ulang Tahun (HUT) Bhayangkara.

Berbicara tentang namanya, nama Hongcin sendiri memang unik, bahkan tak jarang orang menyangka polisi wanita (Polwan) tersebut berasal dari garis keturunan Tionghoa.

Bahkan, anak bungsu dari empat bersaudara itu sendiri tak menampik hal tersebut.

“Sering malah (disangka Tionghoa), ada yang bilang juga dulu saya polisi cina karena namanya,” katanya kepada Halonusa.com, Kamis (30/6/2022).

Menanggapi hal tersebut, perempuan yang akrab disapa Ici ini menyebut bahwa nama tersebut merupakan pemberian kedua orang tuanya.

“Saya itu lahir bertepatan dengan pengembalian Hong Kong ke Republik Rakyat Tiongkok (RRT) setelah dijajah oleh Inggris,” ungkapnya.

Meski lahir bertepatan dengan HUT Bhayangkara, Hongcin mengaku belum pernah merasakan momen spesial ulang tahunnya yang berbarengan dengan Polri.

“Selama tujuh tahun dinas ini belum ada (momen spesial), cuma ucapan selamat ulang tahun saja,” katanya.

Meski demikian, dirinya merasa sangat bangga lahir di tanggal tersebut karena bertepatan dengan HUT Bhayangkara.

Menjadi satu-satunya polisi di garis keturunan keluarganya, saat ini, perempuan yang akrab disapa Ici ini tak berharap muluk-muluk.

Selain menjadi Polwan karena cita-cita, dirinya ingin membayar harapan orang tuanya untuk menjadi abdi negara yang baik.

Di matanya, Polwan merupakan sosok wanita yang pintar dan tangguh.

“Harapan saya untuk diri sendiri ke depannya semoga bisa menjadi Insan Bhayangkara yang lebih baik dan segala yang saya cita-citakan terwujud,” ucapnya.

Pos terkait