Nasrul Abit Sosok Tokoh Memajukan Daerah, Rakyat Sumbar Berduka

Nasrul Abit Sosok Tokoh Memajukan Daerah, Rakyat Sumbar Berduka
Prosesi pelepasan jenazah Tokoh Sumatera Barat, Nasrul Abit di RSUP M. Djamil Padang untuk dimakamkan ke pemakaman keluarga di Labuhan Tanjak Air Haji, Kecamatan Sari Linggo Baganti, Kabupaten Pesisir Selatan.
HALONUSA.COM - "Pak Nasrul Abit merupakan salah seorang putra terbaik Sumbar dari Pesisir Selatan. Kita berduka, semoga Pak Nasrul Abit ditempatkan terbaik disisi Allah SWT dan yang ditinggalkan dapat tabah dan sabar, Aamiin Ya Robbal Allamiin," seru doa Mahyeldi yang berkesempatan jadi Imam dan menyaksikan pemakaman penyelenggaraan jenazah, Air Haji Pessel, Sabtu (28/8/2021).

Wakil Gubernur Sumbar periode 2016-2021, Nasrul Abit tutup usia di RSUP M. Djamil, Kota Padang, Sabtu 28 Agustus 2021 sekitar pukul 01.39 WIB dalam usia 66 tahun.

Selain gubernur, Sekretaris Daerah Provinsi (Sekdaprov) Sumbar, Hansastri menyampaikan aktivitas dan pemikiran Nasrul Abit dalam memajukan pembangunan sewaktu menjabat Wakil Gubernur Sumbar.

Menurut Hansastri, beliau telah memberikan banyak arti dan makna bagaimana melaksanakan mewujudkan kesejahteraan masyarakat.

"Semua pemikiran semangat kerja pak Nasrul Abit yang diberikan kepada Aparatur Sipil Negara (ASN) dilingkungan Pemprov Sumbar," kata Hansastri.

"Pemikiran ini enjadi inspirasi yang berharga dalam kegiatan dan program. Dan hal-hal baik ini akan kami lanjutkan kedepannya," sambungnya.

Hansastri juga mengatakan sosok Nasrul Abit yang mudah bergaul dengan semua golongan dan masyarakat.

"Kita berduka atas kepergiaan Nasrul Abit sosok yang dapat jadi panutan," terang Hansastri.

Katanya, beliau amat terbuka dan bersahaja, selalu mencari solusi yang terbaik dalam menyelesaikan persoalan yang ada. Selalu ada pemikiran dan jalan keluar yang tidak mengabaikan aturan yang berlaku.

Selanjutnya Kepala Biro Administrasi Pimpinan (Adpim) Heffi juga mengingat hal baik semasa Nasrul Abit mengabdi. Ia berkata, semasa Nasrul Abit sebagai Wakil Bupati Pesisir Selatan periode 2000-2005, kemudian menjabat Bupati Pesisir Selatan dua periode terhitung 2005-2015.

Kemudian menjabat sebagai Wakil Gubernur Sumatera Barat periode 2016 - 2021 yang berpasangan dengan Irwan Prayitno sebagai Gubernur.

"Ia merupakan guru yang selalu dekat dengan siapa pun, bahkan ide dan pemikirannya selalu solutif," ujar Heffi.

Jenazah Nasrul Abit sekitar pukul 05.00 WIB dilepas secara resmi dalam hal ini Sekdaprov Hansastri di RSUP M. Djamil Padang. Ba'da Zuhur dimakamkan di pemakaman keluarga di Labuhan Tanjak Air Haji, Kecamatan Sari Linggo Baganti, Kabupaten Pesisir Selatan.

Prosesi ini masyarakat keluar rumah sembari melambaikan tangan dengan iring-iringan jenazah Nasrul Abit saat melewati Padang-Air Haji Pesisir Selatan.

Selamat jalan Tokoh Sumbar yang baik hati, semoga segala bakti pengabdian mu menjadi inspirasi dan amalan disisi Allah SWT, Amin. (*)

Berita Lainnya

Index