NgObrol BaReng ALumni, Perempuan dalam Perspektif Pembangunan

  • Whatsapp
Peran perempuan tidak hanya sebatas ruang lingkup keluarga melainkan memiliki peran dalam berpartisipasi dalam kegiatan ranah publik. Hal ini dikupas dalam OBRAL (NGObrol BaReng ALumni), Rabu pagi (9/6/2021) di Barau Cafe, Jalan Batang Arau No.88, Berok Nipah, Padang, Sumatera Barat (Sumbar).

Ia melanjutkan, diskusi publik ini merupakan rangkaian dari kegiatan jelang Kongres ke VI Ikatan Alumni Universitas Andalas (IKA-UNAND), 7 Agustus 2021 mendatang. Ketua Harian DPP IKA Unand, Ir. Surya Tri Harto, MBA, MTl menyampaikan, ini salah satu topik penting bagi Indonesia dengan secara spesifik di Minangkabau.

Walaupun lanjutnya, peran perempuan untuk menjadi pemimpin seperti kepala daerah di daerah tidak jadi persoalan. Meskipun banyak pertayaan publik saat itu akan tetapi menurutnya tidak ada persoalan. “Ini membuktikan bahwa peran gender (perempuan) atau diskriminasi gender tidak ada lagi,” ungkapnya.

Bacaan Lainnya

Ia melanjutkan, diskusi dengan mengangkat tema perempuan dalam perspektif pembangunan saat ini tentu semacam konvensi kepada organisasi. Bahwa tidak ada persoalan struktural dan kebudayaan di dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara. Tanpa harus meninggalkan fitrah kodrati kaum ibu sebagai pembimbing anak-anak dalam rumah tangga, yang kemudian berbagi kewenangan dan tanggung jawab dengan kaum bapak.

Surya Tri Harto mengatakan, kedepan bagaimana kontribusi bundo kandung berperan luas, relevan dengan apa yang dibicarakan. Ini tentunya akan menjadi prosiding bagi generasi berikutnya dan atau menjadi catatan produk kultural, ilmiah sehingga menemukan relevansi.

“Mudah-mudahan memberi kemanfaatan publik, dan IKA UNAND mengapresiasi kegiatan ini dan forum ini yang merupakan bagian dari kontribusi IKA Unand dan menginspirasi masyarakat,” ujarnya sekaligus membuka resmi kegiatan NgObrol BaReng ALumni edisi #6.

Pos terkait