Padang Csirt Resmi Launching, Data Warga Akan Lebih Aman

Wali Kota Padang Meloancing Padang Csris

HALONUSA.COM – Wali Kota Padang Hendri Septa meluncurkan Padang-Computer Security Incindent Response Team (Padang-Csirt).

Peluncuran Tim Tanggapan Insiden Siber tersebut, berlangsung di Ruang Rapat Abu Bakar Jaar, Balaikota Padang, Selasa (27/9/2022).

Wali Kota Padang Hendri Septa dalam sambutannya menyampaikan, peluncuran Padang-Csirt bertujuan untuk melindungi data dari penyalahgunaan oleh orang yang bermaksud tidak baik (hacker).

Bacaan Lainnya

Ia menambahkan, sistem pemerintahan yang berbasis elektronik sesuai amanat presiden, bertujuan tata kelola pemerintahan yang efektif, transparan, dan pelayanan publik.

“Terbukti layanan berbasis elektronik dapat meningkatkan layanan untuk publik,” katanya.

Ia menyebutkan, penggunaan ruang cyber secara masif tidak akan terlepas dari maraknya serangan hacker.

“Bapenda Padang hampir diserang, namun segera dideteksi dan dianatisipasi,” ujarnya.

Padang-Csirt juga bermaksud melindungi data-data yang hampir dibobol oleh oknum tertentu.

“Kita harus waspada, dan membentengi data tersebut dengan prosedur keamanan yang memadai termasuk sumberdaya manusianya. Keamanan informasi yang handal dapat meningkatkan kepercayaan masyarakat,” kata dia.

“Bagaimana data penting baik milik pemerintah maupun masyarakat terjaga aspek kerahasiaannya. Ini yang diharapkan dari Padang-Csirt,” ujarnya.

Plt Kadiskominfo Padang Al Amin mengatakan, pembentukan Padang-Csirt dilatarbelakangi oleh banyaknya serangan siber yang menargetkan data-data milik institusi pemerintahan.

“Serangan yang cukup masif terhadap situs dan database pemerintahan ini sangat berbahaya apabila tidak ditangani dengan cepat, oleh karena itu dibentuklah Padang-Csirt sebagai pelaksana keamanan siber yang terkhusus pada sektor pemerintahan,” ujarnya. (*)

Pos terkait