Padang Jadi Tuan Rumah Porprov 2023, Kadispora: Kami Tidak Punya Anggaran

Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Kota Padang, Afriadi (Foto: Pemko Padang)

HALONUSA.COM – Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Kadispora) Kota Padang, Afriadi menyatakan bahwa pihaknya tidak memiliki anggaran untuk pelaksanakan Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) 2023.

Meskipun, Wali Kota Padang menyanggupi untuk menjadi tuan rumah pelaksanaan Porprov ke XVI yang akan dilaksanakan pada tahun 2023 mendatang.

“Untuk anggaran pelaksanaan Porprov kita tidak ada. Bapak Wali Kota Padang kemarin itu menyanggupi menjadi tuan rumah pelaksanaan Porprov ini dengan adanya persyaratan,” katanya saat dihubungi Halonusa.com, Jumat (10/06/2022).

Bacaan Lainnya

Ia mengatakan, jika Pemerintah Provinsi mau untuk mendanai pelaksanaan Porprov tersebut, maka pihaknya siap untuk menjadi pelaksana dalam perhelatan olahraga terbesar di Sumatera Barat itu.

“Nanti kami akan melakukan rapat terlebih dahulu dengan pihak Provinsi untuk memastikan teknisnya seperti apa,” lanjutnya.

Sebelumnya, Wali Kota Padang menyatakan siap untuk menjadi tuan rumah Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) Sumatera Barat (Sumbar) ke-XVI yang akan dilaksanakan pada bulan ini.

Wali Kota Hendri Septa menyatakan kesiapannya untuk bisa menjadikan kota yang ia pimpin sebagai tuan rumah yang sukses dalam Porprov XVI Sumbar.

“Kita siap bersinergi, namun kita juga butuh dukungan dari Pemprov dan untuk beberapa venue dan hal teknis lainnya bagi Kota Padang insya Allah akan kita siapkan,” katanya.

Sementara itu dalam sambutan dan arahannya Gubernur Mahyeldi mengatakan, pemilihan tuan rumah Porprov XVI sebelumnya dilakukan saat Rakor di Kepulauan Mentawai pada Maret lalu dan memutuskan Kota Padang Panjang dan Kabupaten Tanah Datar.

Namun Tanah Datar menyatakan mundur dengan alasan ketidaksiapan anggaran.

“Karena itu perlu dibahas dalam rakor ini tentang tuan rumah Porprov XVI, setelah Tanah Datar secara resmi menyatakan mundur karena masalah anggaran. Sementara Padang Panjang tetap bersedia untuk 18 cabang olahraga dan Kota Padang yang ditunjuk menggantikan menyatakan kesiapannya,” ujar gubernur.

“Mudah-mudahan Porprov 2023 bisa berjalan dengan sebaik-baiknya dan sukses,” harap Mahyeldi diamini Plt Ketua KONI Sumbar Hamdanus.

Pos terkait