Para Ahli Klaim: Obat Deksametason Efektif Mencegah Covid-19, Waspada Potensi Diabetes

  • Whatsapp
para-ahli-klaim-obat-deksametason-efektif-mencegah-covid-19-waspada-potensi-diabetes
Ilustrasi | Merasa nyeri pada tubuh |

HALONUSA.COM – Para dokter peneliti berasal dari Imperial College Healthcare NHS Trust sedang meneliti penggunaan obat Deksametason yang diklaim sebagai obat penawar terhadap Covid-19 termasuk dampak penyembuhan terhadap pasien penderita Diabetes.

Penggunaan steroid, deksametason, telah dikonfirmasi sebagai pengobatan yang andal dan efektif untuk COVID-19, bahkan pada pasien diabetes. Hal itu terungkap pada konferensi tahunan Society for Endocrinology di Edinburgh.

Bacaan Lainnya

Pada gelombang kedua pandemi Covid-19, deksametason secara rutin digunakan untuk merawat pasien yang dirawat di rumah sakit menyusul data yang menunjukkan bahwa deksametason mengurangi  angka kematian di ICU.

Namun, penggunaan steroid, seperti deksametason, diketahui meningkatkan kadar gula darah, risiko kesehatan yang serius bagi pasien diabetes.

Urgensi pandemi berarti bahwa profesi medis harus bergerak cepat untuk menyelamatkan nyawa tetapi risiko dan efek hilir dari pengobatan deksametason pada saat itu tidak diketahui.

Studi ini menunjukkan bahwa meskipun komplikasi kontrol glukosa darah, deksametason tetap mudah diberikan walau satu sisi penularan COVID-19 memengaruhi infeksi pernapasan, pasien yang membutuhkan bantuan pernapasan dan perawatan intensif menunjukkan tanda-tanda sistem kekebalan yang terlalu aktif.

Sejauh ini penggunaan klaim penggunaan Deksametason mengundang perdebatan yang diklaim dapat meningkatkan imun pada tubuh, sehingga dianggap sebagai obat terapi yang aman.

Pembuktian terhadap penggunaan deksametason diperlukan untuk memastikan apakah memang nyata aman dan efektif.

Peneliti utama, Dr. Victoria Salem mengatakan, “Kami benar-benar tidak tahu bagaimana mengelolanya, kami belajar sambil berjalan. Uji coba kembali pada kondisi normal (recovery-red) memperlihatkan bahwa jika seseorang mengalami penyakit parah Covid-19 dan atau memerlukan perawatan di rumah sakit dengan ventilator, maka dengan pemberian deksametason akan mengurangi hampir sepertiga kasu kematian pasien yang terdampak Covid-19″.

Pos terkait