Partai Gerindra dan Prabowo Berpotensi Menang Lagi di Sumbar, Ini Hitung-hitungannya

Lembaga Survei Indonesia (Foto: Dok. Istimewa)
Lembaga Survei Indonesia (Foto: Dok. Istimewa)

Baca juga: Kado Terindah Gerindra Pasaman Barat Pasca Gempa, Peroleh Ini di HUT ke-14 Tahun Partai

Partai lainnya, PDI Perjuangan 3,5 persen, PAN 3,1 persen, NasDem 1,6 persen, PKB 1,3 persen, PPP 1,1 persen, Perindo 0,5 persen, PSI 0,4 persen, PKPI 0,1 persen, Hanura 0,1 persen, Garuda 0,1 persen dan selanjutnya Berkarya, PBB, Gelora 0,0 dan lainnya tak mendapatkan persentase.

Sementara untuk Pileg DPRD Sumbar, sebut Djayadi, simulasi 17 lambang partai dan boleh menyebutkan nama lainnya, Partai Gerindra tetap paling banyak dipilih mencapai 34,4 persen.

Bacaan Lainnya

Disusul PKS 16,7 persen, Partai Demokrat 7,6 persen, dan Partai Golkar 4,1 persen. Untuk yang belum menjawab mencapai 26,2 persen.

Selanjutnya, PAN 3,2 persen, PDI Perjuangan 3 persen, PKB 1,6 pesen, NasDem 1,3 persen, PPP 0,8 persen, Perindo 0,5 persen, Hanura 0,3 persen, PKPI 0,1 persen. Dilanjutkan Garuda, Berkarya, PSI, PBB, Gelora dan lainnya 0,0%.

Untuk pemilu legislatif baik tingkat pusat maupun tingkat provinsi, saat ini Partai Gerindra unggul cukup jauh dari partai lainnya.

“Untuk DPR RI elektabilitas Gerindra 34,7 persen, cukup jauh dari PKS 15,7 persen, Demokrat 8 persen, serta Golkar 4,9 persen. Partai lainnya kurang dari 4 persen. Pileg Provinsi juga tidak jauh berbeda. Gerindra unggul cukup jauh dengan angka 34,4 persen, disusul PKS 16,7 persen, Demokrat 7,6 persen, dan Golkar 4,1 persen. Partai lainnya kurang dari 4 persen. Posisi Gerindra masih dominan di Sumbar dalam peta Pemilu legislatif,” ungkapnya.

Kata Djayadi, tingkat kesukaan dan tingkat keterpilihan partai banyak ditentukan oleh tokoh yang ada di partai tersebut.

Faktor Tokoh

Partai Gerindra tampaknya lebih banyak terbantu oleh ketokohan Prabowo Subianto di tingkat nasional dan Andre Rosiade, anggota DPR sekaligus ketua DPD Gerindra Sumbar di tingkat provinsi. Aksi nyata yang dilakukan Andre Rosiade bersama Gerindra dinilai sangat memengaruhi publik untuk memilih Gerindra.

Kesimpulannya, kata Djayadi, peta kompetisi untuk Pileg baik untuk tingkat pusat maupun provinsi didominasi Gerindra dengan tingkat elektabilitas mencapai 34,7 persen (untuk DPR RI) dan 34,4 persen (untuk DPRD Provinsi).

Pos terkait