Partai Gerindra dan Prabowo Berpotensi Menang Lagi di Sumbar, Ini Hitung-hitungannya

Lembaga Survei Indonesia (Foto: Dok. Istimewa)
Lembaga Survei Indonesia (Foto: Dok. Istimewa)

Pesaing terdekat Gerindra adalah PKS dengan elektabilitas yang cukup jauh tertinggal yaitu 15,7 persen (DPR RI) dan 16,7 persen (DPRD Provinsi). Di tempat ketiga dan keempat adalah Demokrat dan Golkar, lalu partai-partai lainnya.

Pilihan Anggota DPR

LSI juga merilis hasil simulasi pilihan nama Caleg DPR RI Dapil 1 dengan nama-nama anggota DPR RI periode 2019-2024 yang diprediksi akan kembali maju.

Bacaan Lainnya

Hasilnya, jika pemilihan anggota DPR RI diadakan sekarang, kader Partai Gerindra Andre Rosiade menjadi calon anggota DPR RI yang akan dipilih dengan tingkat keterpilihan 26,7 persen. Angka ini jauh meninggalkan tujuh orang anggota DPR RI lainnya.

“Selanjutnya diikuti Athari Ahari Gauthi Ardi 8,2 persen dari PAN, Lisda Hendrajoni 6,9 persen dari Partai NasDem, Darizal Basir 5,7 persen dari Partai Demokrat, M Asli Chaidir 4 persen dari PAN, Suir Syam 1,9 persen dari Partai Gerindra, Darul Siska 1,8 persen dari Partai Golkar dan Hermanto 1,2 persen dari PKS. Sementara yang tidak tahu atau tidak menjawab (TT/TJ) di angka 43,5 persen,” katanya.

Baca juga: Mars dan Hymne Partai Gerindra yang Dilombakan Peringati HUT ke-14 Tahun

Sementara untuk simulasi pilihan nama Caleg DPR RI Dapil 2 Sumbar dari anggota DPR RI periode 2019-2024 juga masih menempatkan kader Gerindra Ade Rezki Pratama di urutan pertama.

Anggota dewan muda yang sudah dua periode ini mendapatkan 21,7 persen dan meninggalkan jauh lima pesaingnya.

“Dari hasil survei, jika pemilihan anggota DPR RI diadakan sekarang ini Ade Rezki di urutan pertama. Disusul Guspardi Gaus 13 persen dari PAN, John Kenedy Aziz 9,1 persen dari Golkar, Nevi Zuairina 7,3 persen dari PKS, Rezka Oktoberia 4,7 persen dari Partai Demokrat dan Muhammad Iqbal 2,5 persen dari PPP. Sementara yang tidak tahu atau tidak menjawab 41,7%,” katanya.

Berikut urutan rinci Capres, Caleg, dan Parpol pilihan masyarakat Sumbar versi LSI

Capres Pilihan Sumbar (simulasi tertutup enam nama)
1. Prabowo Subianto, 41 persen
2. Anies Rasyid Baswedan, 34,8 persen
3. Sandiaga Salahuddin Uno, 6,5 persen
4.Ganjar Pranowo, 5,1 persen
5. Ridwan Kamil, 1,7 persen
6. Airlangga Hartarto 0,1 persen
7. Tidak tahu atau tidak menjawab, 10,9 persen

Pos terkait