Pelatihan Wasit dan Pelatih Bola Tangan Sumatera Barat Dibuka

HALONUSA.COM – Kadispora Sumatera Barat Dedy Diantolani resmi buka pelatihan pelatih dan wasit Bola Tangan lisensi C Provinsi Sumatera Barat di Rafhely Futsal, Sabtu (17/9/2022).

Asosiasi Bola Tangan Indonesia (ABTI) Sumbar selaku penggerak kegiatan tersebut juga diramaikan oleh 40 peserta dari 5 provinsi di Sumatera, diantaranya, Sumatera Barat, Riau, Jambi, Palembang dan Kepulauan Riau.

Selain dihadiri oleh Dedy Diantolani Kadispora Sumbar, acara pembukaan pelatihan pelatih dan wasit lisensi C tersebut juga dihadiri oleh Ketum ABTI Sumbar Suhatri Bur yang diwakili oleh Sekjen ABTI Sumbar Septri, dan perwakilan KONI Sumbar Alex Aldha Yudi serta banyak lagi lainnya.

Bacaan Lainnya

Sebelumnya, pelatihan pelatih dan wasit lisensi C ABTI Sumbar ini sudah digelar di Rasaki Hotel, Jumat (16/9/2022).

Sekjen ABTI Sumbar Septri dalam usai kegiatan itu menyebutkan bahwa tujuan diadakannya pelatihan ialah agar wasit ataupun pelatih dari Sumatera Barat bisa ikut serta dalam kegiatan nasional.

“Pelatihan ini digelar karena melihat kondisi di PON XX Papua kemarin bahwa tidak ada wasit yang berasal dari Sumbar, wasit pada pertandingan Bola Tangan kemarin didominasi dari pulau Jawa semua,” katanya.

Ia juga berkomitmen dengan kegiatan ini bisa memajukan Bola Tangan di Sumatera Barat kedepannya.

Selain itu ia juga sempat mengatakan bakal menggelar liga untuk olahraga Bola Tangan di Kabupaten dan Kota di Sumbar.

“Untuk tes kenaikan pangkat wasit dan pelatih ini, kita juga berencana akan mengadakan liga Bola Tangan di Sumbar dan selanjutnya dengan skala liga Sumatera yang akan dilaksanakan,” pungkasnya.

“Tahun depan 2023 ada Porwil yang diadakan di Sumatera, hal itu kita akan kita dorong wasit kita ini agar bisa tampil di skala nasional itu,” tuturnya.

Ia juga berharap bahwa dengan kegiatan ini agar wasit dan pelatih dari Sumbar ini bisa setara dengan daerah lain.

Sementara itu Kadispora Sumbar Dedy Diantolani mengatakan agar kegiatan ini berjalan lancar dengan harap bisa melahirkan wasit dan pelatih yang kompeten.

Pos terkait