Pemerintah India Gelontorkan Dana 10 Miliar Dolar untuk Membuat Chip Unisem

Seorang pekerja memeriksa chip semikonduktor di pabrik pengemasan chip Unisem (M) Berhad di Ipoh, Malaysia, 15 Oktober 2021. REUTERS/Lim Huey Teng/File Photo

HALONUSA.COM- India telah menyetujui rencana insentif $10 miliar (10 miliar dolar) untuk menarik produsen semikonduktor dan display, kata menteri teknologi Rabu, sebagai bagian dari dorongan yang mendalam untuk menjadikan negara itu sebagai pusat produksi elektronik global.

Berdasarkan rencana tersebut, pemerintah India akan memperluas dukungan fiskal hingga 50 persen (%) dari biaya proyek untuk produsen display dan semikonduktor yang memenuhi syarat, kata pemerintah dalam sebuah pernyataan.

Bacaan Lainnya

Tower Semiconductor Israel (TSEM.TA), Foxconn Taiwan (2317.TW) dan konsorsium dari Singapura telah menunjukkan minat untuk mendirikan pabrik chip di India sementara Vedanta Group tertarik untuk mendirikan pabrik pajangan, sumber pemerintah mengatakan kepada Reuters.

Tower, Foxconn dan Vedanta tidak segera menanggapi permintaan.

“Program ini akan mengantarkan era baru dalam manufaktur elektronik dengan menyediakan paket insentif yang kompetitif secara global untuk perusahaan di semikonduktor dan manufaktur layar serta desain,” kata pernyataan pemerintah.

Dorongan itu datang ketika beberapa perusahaan ingin mendiversifikasi basis manufaktur mereka di luar China karena perang dagang yang sedang berlangsung antara Washington dan Beijing dan merupakan tanda bahwa India sedang mencoba untuk meningkatkan rantai nilai elektronik.

 

Rencana India untuk memberi insentif pada manufaktur semikonduktor juga datang pada saat pembuat mobil dan perusahaan teknologi di seluruh dunia bergulat dengan kekurangan chip global .

New Delhi juga menyetujui rencana insentif untuk mendukung 100 perusahaan lokal yang mengerjakan desain sirkuit dan chipset terintegrasi.

Pos terkait