Pemko Padang Buka Bursa Hewan Kurban, Apa Itu?

Ilustrasi, Sapi Ternak di Kota Padang
Ilustrasi, Sapi Ternak di Kota Padang

HALONUSA.COM – Pemerintah Kota Padang akan membuka bursa hewan kurban untuk membantu panitia kurban yang ada di Kota Bengkoang (sebutan Kota Padang).

“Menjelang Idul Adha, kami Dinas Pertanian membuka ‘Bursa Hewan Kurban’,”ungkap Kepala Dinas Pertanian Kota Padang Syahrial Kamat.

Bacaan Lainnya

“Bursa Hewan Kurban” merupakan upaya Dinas Pertanian dalam membantu panitia kurban. Dua orang dari Dinas Pertanian yang telah ditunjuk akan memfasilitasi seluruh panitia kurban di Padang dalam mencari hewan kurban yang sehat.

“Nantinya, dua orang yang sudah kita tunjuk akan membantu menghubungkan panitia kurban dengan agen atau toke ternak,” jelas Syahrial Kamat.

Ia mengatakan, dua orang yang ditunjuk memfasilitasi panitia kurban yakni, Yulia Reni dengan nomor ponsel 0853-5563-0668, serta M. Hanif dengan nomor ponsel 0812-7228-0106.
Keduanya dapat dihubungi setiap waktu. Nantinya keduanya mencarikan jenis sapi yang diinginkan oleh panitia kurban. Sehingga didapat berapa berat hidup, berapa daging yang didapat, dan harga sesuai yang diinginkan.

Ia memastikan, ternak milik agen atau toke yang ditunjuk oleh Dinas Pertanian diyakini sehat. Serta sesuai dengan syariat agama dan sudah layak untuk disembelih.

“Ada sebanyak 53 agen atau toke ternak yang kami tunjuk dan akan memfasilitasi panitia kurban,” katanya.

Ia mengklaim “Bursa Hewan Kurban”merupakan inovasi dari Dinas Pertanian. Tujuan digelarnya “Bursa Hewan Kurban” karena pihaknya selama ini melihat panitia kurban sering kewalahan dalam mencari hewan kurban yang layak dan sehat. Apalagi di masa pandemi Covid-19 dan mewabahnya Penyakit Mulut dan Kuku (PMK).

Pos terkait