Penerapan Prokes di Sumbar Bikin Warga Batam Ini Tergeleng-geleng

Aktivitas penerbangan dan keberangkatan calon penumpang di Bandara Internasional Minangkabau (BIM). (Foto: Dok. Istimewa)
Aktivitas penerbangan dan keberangkatan calon penumpang di Bandara Internasional Minangkabau (BIM). (Foto: Dok. Istimewa)

HALONUSA.COM – Penerapan protokol kesehatan (prokes) di Sumatera Barat (Sumbar) membuat salah seorang warga Batam, Kepulauan Riau (Kepri) tergeleng-geleng.

Hal tersebut diungkapkan salah satu calon penumpang yang berangkat dari Bandara Internasional Minangkabau (BIM), Effryda Yerni.

“Saya lihat di sini penerapan prokesnya lemah dan menggelengkan saya, banyak yang tidak pakai masker,” katanya, Kamis (16/12/2021).

Bacaan Lainnya

Wanita pebisnis tersebut pun membandingkan penerapan prokes yang ada di Sumbar dengan Kepri.

“Di (Batam) sana, walaupun naik motor yah, itu masker tidak akan pernah ditemukan lepas, di sini saya lihat sangat bebas dan cenderung longgar,” katanya.

Baca juga: Libur Natal dan Tahun Baru di Sumbar, BIM Hanya Maksimalkan Penerbangan yang Ada

Meski demikian, dirinya mengaku senang dengan aktivitas penerbangan yang mulai ramai kembali setelah sempat sepi sepanjang tahun 2020.

“Karena semua orang sudah bisa terbang lagi saat ini dengan penerapan prokes yang ketat tentunya,” tuturnya.

Sementara itu, Executive General Manager (EGM) BIM, Siswanto menyebut, pihaknya tidak menyediakan penerbangan ekstra dalam menyambut libur Natal 2021 dan Tahun Baru 2022 (Nataru).

“Kami hanya mengoptimalkan izin rute yang sudah ada,” katanya.

Baca juga: Natal dan Tahun Baru di Sumbar, BIM Sebut Kondisi Lebih Baik dari 2020

Siswanto menjelaskan, peningkatan jumlah penumpang jelang Nataru sudah mengalami kenaikan di angka 10 hingga 15 persen.

“Saat ini jumlah penumpang per hari 4.500 hingga 4.900 per hari, naik yah sekitar 5.5000an lah perkiraan kami, jam operasional dari pukul 07.00 hingga 20.00 WIB, slot penerbangan baru ditiadakan,” katanya.

Posko Nataru 2021 di BIM sendiri mulai dibuka pada Jumat (17/12/2021) hingga Selasa (4/1/2022) mendatang. (*)

Pos terkait