Pentingnya Kawasan Karst, Ini Rahasianya Sobat

  • Whatsapp
Kawasan Karst Sumatera Barat Terancam : Sumber Mongabay
Kawasan Karst Sumatera Barat Terancam : Sumber Mongabay

Baru-baru ini Wakil Gubernur Sumatera Barat, Audy Joinaldy menyampaikan bahwa betapa pentingnya kawasan karst di Sumatera Barat. Karst itu apa? Sekadar diketahui bahwa Karst merupalan kawasan batuan gamping yang mudah larut bila terkena air hujan.

Selain itu menghasilkan berbagai bentuk saat berada di permukaan, termasuk gua-gua bawah tanah. Sementara saat ini Indonesia juga kaya dengan kawasan karst.

Bacaan Lainnya

Berikut kawasan Karst berdasarkan penelusuran Halonusa:

Bebatuan Gersang dan Punya Peran

Karst itu merupakan suatu kawasan nan terdiri dari batuan gamping gersang. Kemudian ada bukit-bukit kecil dan terdapat aliran sungai di bawah tanah. Kemudian, terdapat gua-gua dan cekungan yang berada di sekitarnya.

Menurut para peneliti kalau di Indonesia terdapat 15,4 juta hektar karst. Mulai dari Aceh sampai Papua, dan kawasan Karst yang terkenal itu berada di Gunung Kidul, tepatnya di Daerah Istimewa Yogyakarta.

Menurut informasi para peneliti bahwasanya kawasan karst telah terbentuk sejak 470 juta tahun silam.

Sumber Mata Air

Yang terpenting dari kawasan karst itu, sebagai penyimpan air bersih dan mampu menyuplai kebutuhan air di daerah sekitar. Selain mampu menyediakan air bersih, karst juga menjadi sumber pertambangan karena batuan gamping.

Hanya saja kawasan karst menjadi daerah perburuan penambangan yang sangat berlebihan, pasalnya batuan karst dapat menjadi aneka bahan bangunan, seperti bahan bangunan perpaduan kapur dan semen.

Akibat eksploitasi yang berlebihan itu membuat kawasan kian terkikis. Sehingga wajar Wakil Gubernur Sumatera Barat, Audy Joinaldy memberikan penekanan kepada Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait di tingkat provinsi dan kabupaten/kota untuk tidak mengalih fungsikan kegunaannya.

Sebab, tanpa kajian mendalam dapat mengakibatkan penyimpanan air tanah berkurang bilamana terjadi eksploitasi berlebihan. Adapun asumsi secara kajian dari penelitian batuan karst dapat melakukan resapan air yang baik.

Dampak dari penambangan di kawasan karst akan mengakibatkan bencana seperti kekeringan panjang bila musim kemarau dan bencana banjir ketika musim penghujan.

Meskipun demikian, karst memiliki hal secara kearifan lokal, seperti di Toraja. Tebing batuan gamping dapat digunakan sebagai tempa pemakaman.

Pemanfaatan batu gamping itu di Tanah Toraja telah berlangsung sejak berabad-abad lamanya. Nyaris melubangi tebing bukit karst sebagai tempat pemakaman.

Jelas itu ada, di sana ada yang namanya makam batu Lemo di Tana Toraja, Sulawesi Selatan.

Dari ringkasan ini pula bagi generasi milenial memiliki kewajiban untuk menjaga dan mencintai alam semesta yang telah dianugerahkan oleh Tuhan Yang Maha Esa. (tan)

Pos terkait