Penumpang Kereta Api ke Pariaman Membludak Saat Lebaran, KAI Ungkap Penyebabnya

Sejumlah penumpang yang naik kereta api saat libur lebaran. (Foto: Dok. KAI Divre II Sumbar)
Sejumlah penumpang yang naik kereta api saat libur lebaran. (Foto: Dok. KAI Divre II Sumbar)

HALONUSA.COM – Jumlah penumpang kereta api (KA) Sibinuang dengan tujuan Padang ke Pariaman membludak saat libur lebaran Idul Fitri 1443 Hijriah.

Data yang dihimpun Halonusa.com, jumlah penumpang KA Sibinuang tembus ke angka 33.625 orang dari H-10 hingga H+3 Lebaran.

Bacaan Lainnya

“Banyak wisatawan yang memanfaatkan libur lebaran dengan berwisata menggunakan KA saat bepergian ke Pantai Gandoriah, Kota Pariaman,” kata Vice President (VP) PT KAI Divisi Regional (Divre) II Sumatera Barat (Sumbar), Mohamad Arie Fathurrochman, Senin (9/5/2022).

Selain KA Sibinuang, kata Arie, peningkatan penumpang juga terjadi di KA Minangkabau Ekspres rute Padang ke Bandara Internasional Minangkabau.

“Ada sebanyak 10.710 orang yang naik kereta api (Minangkabau Ekspres) tersebut, baik dari Padang ke BIM atau sebaliknya,” kata Arie.

Sementara, pada masa lebaran, penumpang KA Lembah Anai dengan rute Kayu Tanam ke BIM atau sebaliknya juga mengalami kenaikan signifikan, mencapai 3.815 orang.

Masyarakat yang berwisata menuju sekitar Air Terjun Lembah Anai dapat memanfaatkan kereta ini dengan harga Rp5 ribu.

Keberangkatan dari BIM menuju Kayu Tanam atau dari Duku hingga Kayu Tanam cukup dibayar dengan harga Rp3 ribu.

“Para penumpang selalu diminta untuk mematuhi segala ketentuan yang berlaku di kereta api, terutama penerapan protokol kesehatan (prokes),” imbuhnya. (*)

Pos terkait