Penyebab Penyakit Acute Mountain Sickness (AMS), Ini Tanda dan Gejala yang Harus Kamu Ketahui 

Penyebab Penyakit Acute Mountain Sickness (AMS) Ini Tanda dan Gejala yang Harus Kamu Ketahui(Foto:Dok. Gunung Sumbing 3371Mdpl, Jawa Tengah. Akbar Ashiddiqi/Halonusa)
Penyebab Penyakit Acute Mountain Sickness (AMS) Ini Tanda dan Gejala yang Harus Kamu Ketahui(Foto:Dok. Gunung Sumbing 3371Mdpl, Jawa Tengah. Akbar Ashiddiqi/Halonusa)

HALONUSA.COM – Acute Mountain Sickness (AMS) atau Acute Altitude Sickness adalah salah satu penyakit atau kondisi yang bisa mengancam keselamatan saat pendakian.

Menikmati pemandangan di atas ketinggian, hingga ribuan meter di atas permukaan laut adalah hal yang paling menakjubkan.

Bacaan Lainnya

Melalui sebuah pendakia, melewati hutan belantara, bebatuan hingga sampai ke puncak tertingginya.

Namun, tahukah kamu bahwa dibalik kegiatan pendakian yang seharusnya menyenangkan pun terdapat risiko kesehatan yang justru bisa membahayakan.

Apa lagi dengan cara pendakian yang tanpa persiapan yang matang.

Mengingat, karena lokasi kejadian yang rata-rata jauh dari fasilitas kesehatan dan jauh di pedalaman hutan, penanganan terhadap korban akan menjadi lebih sulit.

Oleh sebab itu, persiapan optimal. Tentu harus dilakukan dari peralatan hingga pengetahuan meliput tentang aktivitas luar ruang, apalagi bagi yang baru pertama kali mendaki gunung.

Berikut salah satu penyakit yang sering terjadi di kalangan pendaki gunung yang harus kamu ketahui:

Acute Mountain Sickness (AMS)

Secara definisi Acute Mountain Sickness (AMS) adalah kondisi tidak normal yang terjadi saat pendaki berada di ketinggian tertentu.

Salah satu bentuk umum dari altitude sickness atau penyakit ketinggian ini disebabkan olah penurunan kadar oksigen dan tekanan udara saat mendaki ke tempat yang lebih tinggi.

Acute mountain sickness terbilang sangat umum dan bisa dirasakan oleh siapa pun, tanpa memandang usia ataupun jenis kelamin pendaki.

Pos terkait