Penyebaran Budaya Korea di Indonesia dan Bagaimana Cara Menyikapinya

Cici Indri Wahyuni. (Foto: Dok. Pribadi)
Cici Indri Wahyuni. (Foto: Dok. Pribadi)

Oleh : Cici Indri Wahyuni/Mahasiswa Ilmu Komunikasi Universitas Ekasakti

Perkembangan teknologi informasi dan komunikasi merupakan awal dari penyebaran arus
globalisasi di seluruh dunia.

Penyebaran arus globalisasi terkait dengan kemajuan Perkembangan teknologi informasi dan komunikasi.

Bacaan Lainnya

Globalisasi merupakan sebuah proses dimana hubungan antara negara-negara di dunia menjadi lebih luas dan lebih intens dalam seluruh aspek kehidupan manusia, seperti sosial, budaya, kriminal, finansial, hingga spiritual.

Kemudian pengertian dari kebudayaan itu sendiri adalah sesuatu yang akan mempengaruhi tingkat pengetahuan dan meliputi sistem ide atau gagasan yang terdapat dalam pikiran manusia, sehingga kebudayaan itu bersifat abstrak.

Budaya pop saat ini tidak lagi identik dengan budaya barat, tetapi negara-negara di benua Asia mulai menunjukkan kemampuan kreatif dengan menjadi pengekspor budaya pop.

Selain Jepang, Korea kini mulai menunjukkan dirinya sebagai negara produsen budaya pop melalui tayangan hiburan dan menjadi saingan berat bagi Amerika dan Eropa.

Hal ini dapat dilihat dengan kemajuan industri hiburan Korea saat ini. Globalisasi budaya pop Korea atau yang lebih dikenal dengan Hallyu berhasil menarik perhatian masyarakat dunia.

Dalam globalisasi budaya pop Korea, peran media massa sangat penting karena membawa nilai-nilai budaya Korea masuk ke Indonesia.

Pemerintah Korea memanfaatkan media sebagai alat untuk menyebarkan budaya hallyu, seperti internet dan televisi.

Melalui media ini, Korea tidak hanya menyebarkan budaya melalui hallyu saja, melainkan mendorong masyarakat global untuk melihat negara ini dari sisi lain, yaitu dunia hiburan, sehingga meningkatkan daya tarik masyarakat global.

Meningkatnya daya tarik masyarakat global dapat dilihat dari meningkatnya minat masyarakat global terhadap pariwisata Korea, fashion, hingga bahasa Korea.

Selain itu, jika dilihat dari definisi komunikasi antarbudaya yakni proses pertukaran makna melalui simbol-simbol di antara orang-orang yang berasal dari budaya yang berbeda, maka budaya pop Korea telah berhasil melakukan proses pertukaran makna melalui simbolsimbol budaya nya seperti drama, film, musik, fashion, dan lain-lain.

Pos terkait