Penyebaran Budaya Korea di Indonesia dan Bagaimana Cara Menyikapinya

Cici Indri Wahyuni. (Foto: Dok. Pribadi)
Cici Indri Wahyuni. (Foto: Dok. Pribadi)

Meningkatnya daya tarik masyarakat global dapat dilihat dari meningkatnya minat masyarakat global terhadap pariwisata Korea, fashion, hingga bahasa Korea.

Selain itu, jika dilihat dari definisi komunikasi antarbudaya yakni proses pertukaran makna melalui simbol-simbol di antara orang-orang yang berasal dari budaya yang berbeda, maka budaya pop Korea telah berhasil melakukan proses pertukaran makna melalui simbolsimbol budaya nya seperti drama, film, musik, fashion, dan lain-lain.

Bacaan Lainnya

Hallyu juga turut populer di Indonesia dan memiliki dampak pada meningkatnya minat pada bahasa Korea, meningkatnya minat pada produk asal Korea, meningkatnya minat pada studi mengenai Korea, hingga munculnya solidaritas rakyat Indonesia terhadap rakyat Korea.

Disamping itu, menjadi penggemar idol maupun menjadi bagian perkumpulan fans atau fandom juga memiliki berbagai dampak positif.

Menurut saya , dampak positif bagi diri sendiri yaitu segala sesuatu yang dapat diyakini dan disuka akan memberi rasa kecintaan dan semangat hidup yang lebih pada seseorang, memiliki rasa cinta, kasih sayang, dan bertahan.

Oleh karena itu, dapat memicu semangat dan motivasi dalam diri seorang fan. Selain itu, sekumpulan orang dengan idola yang sama dapat menimbulkan keterikatan tersendiri dan ada rasa untuk saling merangkul satu dengan yang lainnya.

Hal ini dapat menciptakan rasa solidaritas, toleransi, saling menghargai, saling tolong menolong, dan saling mendukung, sehingga dapat mengurangi adanya potensi konflik sosial dalam masyarakat.

Pos terkait