Peringatan Keras Kapolda Sumbar untuk Pengikut NII, Segera Cabut Bai’at

Kapolda Sumbar, Irjen Teddy Minahasa Putra. (Foto: Dok. Humas Polda Sumbar)
Kapolda Sumbar, Irjen Teddy Minahasa Putra. (Foto: Dok. Humas Polda Sumbar)

HALONUSA.COM – Kapolda Sumatera Barat (Sumbar), Irjen Teddy Minahasa Putra memperingati keras pengikut Negara Islam Indonesia (NII) yang berada di Ranah Minang segera cabut bai’at.

Menurut Teddy, ancaman dan bahaya dari terorisme, radikalisme serta intoleransi dalam bentuk apapun bisa membuat kegaduhan. Selain itu, gerakan tersebut bisa meresahkan masyarakat dan bahkan situasi menjadi distabilitas.

Bacaan Lainnya

“Teror dalam bentuk apapun, dalam eskalasi apapun itu meresahkan masyarakat,” kata Teddy dalam keterangan tertulisnya, Kamis (28/4/2022).

Baca juga: Kembali ke Pangkuan Ibu Pertiwi, Pengikut NII di Dharmasraya Harus Bersyukur karena Alasan ini

Sementara itu, bagi masyarakat yang sudah mencabut bai’at di NII di Kabupaten Dharmasraya, polisi memastikan menjamin keamanan dari hal yang tidak diinginkan.

“Kami jamin (eks NII) yang telah kembali ke NKRI yang berideologi Pancasila dan UUD 1945,” katanya.

Teddy mengimbau masyarakat yang terafiliasi dengan kelompok tersebut agar dengan kesadaran hatinya kembali ke NKRI tercinta.

Sebelumnya, Kepala Densus 88 AT Mabes Polri, Irjen Marthinus Hukom mengaku bersyukur pencabutan bai’at ratusan pengikut aliran NII di Dharmasraya saat bulan puasa.

Baca juga: Anggota NII Banyak di Sumbar, Pakar: Tak Perlu Kaget

Menurutnya, momentum ini bisa dimanfaatkan sebagai ajang merajut kembali tali silaturahmi sebagai sesama umat manusia.

“Saya apresiasi Gubernur Sumbar yang mendukung penuh pemberantasan dan menyikapi soal terorisme,” kata Marthinus, Rabu (27/4/2022) lalu. (*)

Pos terkait