Perkiraan Jumlah Total Penutur Bahasa Jawa di Dunia

Ilustrasi sastra Jawa kuno. (Foto: zainbie)
Ilustrasi sastra Jawa kuno. (Foto: zainbie)

HALONUSA.COM – Menurut data pada tahun 2010 penutur bahasa Jawa di dunia menduduki rangking ke-12. Tentu ini sangat mencengangkan karena bahasa ini merupakan media komunikasi yang digunakan salah satu suku di Indonesia.

Bahasa Jawa merupakan bagian dari bahasa Indonesia. Juga merupakan bahasa daerah yang sebenarnya tidak semua masyarakat Indonesia menguasainya. Akan tetapi, ternyata bahasa ini menjadi salah satu bahasa yang penuturnya sangat banyak di dunia bahkan mencapai 82 juta jiwa.

Angka tersebut sekarang bahkan setara dengan 1,25% populasi di dunia pada tahun 2007. Hanya beda sekitar 0,14% dari penutur bahasa Jerman yang mencapai 92 juta penutur.

Bacaan Lainnya

Tentu ini sangat mencengangkan bukan? Apalagi jika kemudian ada yang bisa mengembangkan kemampuan tersebut hingga mampu melakukan translate Jawa dengan baik dengan bahasa lain. Pasti ini adalah sesuatu yang sangat diperlukan untuk melestarikannya.

Mengapa bahasa Jawa bisa menjadi media komunikasi yang banyak dimanfaatkan oleh puluhan juta penuturnya di seluruh dunia? Simak ulasan berikut di bawah ini.

Memiliki Penutur Asli di Indonesia

Dilansir dari www.tedieka.com, Bahasa Jawa merupakan bahasa yang menjadi media komunikasi bagi 3 suku bangsa besar di Indonesia. Mayoritas yang menggunakannya dalam masyarakat yang tinggal di daerah Jawa Tengah,  Jogjakarta, serta Jawa Tmur.

Memang secara kebahasaan ketiganya memiliki sedikit perbedaan namun mempunyai akar bahasa yang sama. Sehingga bisa saling mengerti, walaupun ada sedikit perbedaan kosakata di dalamnya.

Mempunyai Penutur di Suriname

Ternyata bahasa Jawa juga memiliki penutur asli yang ada di Suriname. Hal ini disebabkan karena adanya faktor penjajahan pada zaman kolonialisme adanya migrasi orang Jawa ke negara tersebut.

Berdasarkan sejarah walaupun sudah berpindah negara tetapi karena migrasi tersebut berkelompok maka sebagai alat komunikasi digunakanlah bahasa Jawa. Hingga pada saat ini keturunannya pun tetap menggunakan bahasa tersebut sebagai bahasa sehari-hari.

Tuturan Bahasa Bagi Perantau Jawa

Ada banyak orang Jawa yang merantau ke seluruh Indonesia bahkan ke seluruh dunia. Akan tetapi jika mereka berkumpul bersama, maka akan lebih cenderung menggunakan bahasa daerahnya dibandingkan dengan bahasa Indonesia.

Pos terkait