Pertamina Rencanakan Pembelian LPG 3 Kilogram Gunakan Aplikasi My Pertamina

Ilustrasi Gas LPG [Kariadil Harefa.Tanharimage/Halonusa)
Ilustrasi Gas LPG [Kariadil Harefa.Tanharimage/Halonusa)

HALONUSA.COM – Setelah Pertalite dan Biosolar, PT Pertamina (Persero) berencana akan menerapkan hal yang sama untuk pembelian liquefied petroleum gas (LPG) 3 Kilogram.

Melalui anak usahanya, PT Pertamina Patra Niaga, akan mengatur pembelian gas LPG 3 kg menggunakan aplikasi MyPertamina.

Pertamina mengatakan bahwa kebijakan itu sudah diuji coba dengan menyasar 114 ribu penduduk.

Bacaan Lainnya

Direktur Pemasaran Regional Pt Pertamina Patra Niaga (PPN) Mars Ega Legowo Putra mengatakan basis data uji coba tersebut mengacu pada Data Terpadu Kesejahteraan Sosial atau DTKS milik Kementerian Sosial (Kemensos).

Untuk implementasi ke depan, ia menyerahkan kepada pemerintah terkait skema pembelian gas LPG 3 kg. Data yang dipakai mengacu data DTKS di Kemensos atau mengikuti aturan pembelian BBM bersubsidi yang teregister.

“Basis data uji coba yang kami lakukan ini, adalah tahap uji coba yang kita menggunakan basis data DTKS,” katanya.

“Tapi saya kembalikan kepada pemerintah apakah pemerintah akan tetap menggunakan data DTKS atau pemerintah akan menggunakan skema seperti BBM yang meregister,” ujarnya dalam webinar bertajuk Generating Stakeholders Support for Achieving Effectiveness of Fuel and LPG Subsidies yang digelar daring, Rabu 29 Juni 2022.

Mars Ega Legowo menyebut bahwa langkah ini dilakukan supaya memastikan penyaluran subsidi LPG 3 kg bisa tepat sasaran.

Pembelian LPG 3 kg lewat aplikasi digital pasti akan diterapkan. Namun, ia belum menyampaikan kapan pembelian LPG 3 kg lewat MyPertamina mulai diberlakukan.

Yang jelas, apabila aturan tersebut berlaku, maka masyarakat yang hendak membeli LPG 3 kg wajib mendaftar terlebih dahulu.

PT Pertamina (Persero) melalui anak usahanya PT Pertamina Patra Niaga telah mengatur pembelian jenis BBM bersubsidi Pertalite dan Solar.

Mulai 1 Juli 2022 besok, pembeli BBM Pertalite dan Solar wajib mendaftar di aplikasi MyPertamina.

Masyarakat yang merasa berhak menggunakan Pertalite dan Solar dapat mendaftarkan datanya dan kemudian menunggu kendaraan dan identitasnya terkonfirmasi sebagai pengguna yang terdaftar.

Pos terkait