Pesan Dari Mural Warga Lepas Masker di Photobooth 17 Agustus Kecamatan Lubuk Begalung

Pesan Dari Mural Warga Lepas Masker di Photobooth 17 Agustus Kecamatan Lubuk Begalung
Mural photobooth tentang kampanye lepas masker di Kecamatan Lubuk Begalung. (Foto: Dok. Istimewa)|Stand photobooth mural di Kecamatan Lubuk Begalung. (Foto: Dok. Istimewa)|Stand photobooth mural bebas Covid-19 Kecamatan Lubuk Begalung. (Foto: Dok. Istimew
HALONUSA.COM - Kantor Camat Lubuk Begalung memiliki cara tersendiri dalam rangka memperingati hari kemerdekaan Indonesia yang ke-76. Salah satunya dengan membuat mural berupa photobooth.

Namun, mural yang ditampilkan tersebut menggambarkan sejumlah warga yang telah melepas masker sembari merayakan eforia kemerdekaan, seperti melakukan lomba panjat pinang yang setiap tahunnya diadakan.

Pada bagian lain di photobooth, terlihat tenaga kesehatan (nakes) yang sudah melepas masker dan melayani masyarakat yang hendak berobat.

"Itulah kenapa di gambar backdrop kami ada gambar orang sudah lepas masker, yang memiliki pesan bahwa semua masyarakat di Kecamatan Lubuk Begalung sudah divaksin dan pada akhirnya kita dapat mengadakan kegiatan di peringatan 17 Agustus, seperti lomba panjat pinang," kata Camat Lubuk Begalung, Heriza Syafani kepada Halonusa.com, Selasa (17/8/2021).

[caption id="attachment_9030" align="aligncenter" width="1063"]Stand photobooth mural bebas Covid-19 Kecamatan Lubuk Begalung. (Foto: Dok. Istimewa) Stand photobooth mural bebas Covid-19 Kecamatan Lubuk Begalung. (Foto: Dok. Istimewa)[/caption]

Selain itu, stand photobooth yang didirikan ini juga akan dilombakan dalam kalangan internal Kecamatan dan Kelurahan di Lubuk Begalung hingga Minggu (22/8/2021).

"Kami mengadakan lomba photobooth bagi ASN dan PKK Kecamatan Lubeg untuk memperingati HUT RI. Nanti diberikan hadiah berupa bingkisan bagi pemenangnya. Walaupun tidak semeriah tahun-tahun sebelumnya, namun kami adakan secara internal saja," katanya.

Upaya vaksinasi

Heriza mengatakan, saat ini virus Covid-19 sudah berusia satu tahun sejak pertama kali masuk ke Indonesia pada bulan Maret 2020 silam.

"Kami tidak ingin virus (Covid-19) ini berulang tahun lagi untuk yang kedua kalinya, maka dari itu sejumlah ikhtiar atau upaya tentu dilakukan," katanya.

Salah satu upaya penanganan Covid-19 yang dilakukan oleh Kecamatan Lubuk Begalung, katanya adalah dengan telah melakukan vaksinasi terhadap ribuan warga pada tanggal 3 hingga 6 Agustus 2021 lalu.

Seperti diketahui, jumlah peserta yang mengikuti vaksin di kawasan dengan kelurahan terbanyak di Kota Padang itu berjumlah 1.662 orang.

Rincinya, pada Selasa (3/8/2021), jumlah peserta mencapai 408 orang dan Rabu (4/8/2021) sebanyak 378 peserta.

Kemudian, Kamis (5/8/2021) meningkat menjadi 468 orang dan selang sehari setelahnya berjumlah 408 masyarakat yang disuntik vaksin.

Menurutnya, kesadaran masyarakat untuk vaksin itu sudah tinggi, karena memang itu sudah menjadi salah satu kebutuhan.

"Patuhilah kebijakan pemerintah, seperti menjaga protokol kesehatan (Prokes), kemudian melakukan vaksinasi. Kalau kita sudah tercapai target vaksinasi yang sudah dilakukan, Insya Allah kita akan segera merdeka dari Covid-19, yaitu dengan melepas masker," katanya. (*)

Berita Lainnya

Index