Ponsel Perempuan di Padang Dicuri Saat Ambil Jemuran, Ini Modus Pelaku

Ilustrasi borgol. (Foto: Dok. Ilham/Halonusa)
Ilustrasi borgol. (Foto: Dok. Ilham Medio Agusta/Halonusa)

HALONUSA.COM – Empat pelaku pencurian telepon seluler (ponsel) ditangkap Tim Klewang Polresta Padang pada Kamis (12/5/2022) malam.

Pelaku mencuri ponsel seorang perempuan di kawasan Parak Karakah, Kecamatan Padang Timur, Kota Padang saat korban mengambil jemuran kain.

“Modusnya berpura-pura bertamu ke rumah korban, salah satu pelaku perempuan,” kata Kasat Reskrim Polresta Padang, Kompol Dedy Adriansyah Putra, Jumat (13/5/2022).

Bacaan Lainnya

Empat pelaku tersebut, kata Dedy, masing-masing berinisial MY, alias Komo, 32 tahun, AY, 27 tahun, dan GW alias Ogud, 50 tahun.

Selain itu, polisi ikut membekuk seorang perempuan muda berinisial SWN, 19 tahun.

“Modus yang digunakan pelaku adalah berpura-pura bertamu ke rumah korban, namun ketika beraksi korban sedang mengambil jemuran kain, sementara yang ada di dalam rumah hanya sang anak,” katanya.

Kemudian, sambung Dedy, ketika anak korban memanggil ibunya bahwa ada tamu dan menyusul ke ruang tengah, ponsel korban tak ditemukan lagi.

Kuat dugaan, katanya, ponsel dicuri oleh keempat sindikat pencurian tersebut.

“Pelaku ini telah melancarkan aksinya di beberapa Tempat Kejadian Perkara (TKP) di Kota Padang, sebelum akhirnya kami tangkap,” ungkapnya.

Para pelaku akhirnya ditangkap polisi di kawasan Siteba, Kecamatan Nanggalo, dan Pasar Ambacang, Kecamatan Kuranji, Kota Padang.

Mulanya, polisi membekuk AY dan SWN di sebuah kos-kosan kawasan Siteba. Keduanya mengaku juga beraksi bersama Komo dan Ogud.

Komo dan Ogud ditangkap di kawasan Bypass Kabun Kataping, Kelurahan Pasar Ambacang, Kecamatan Kuranji.

Dari pelaku, polisi menyita satu ponsel beserta kotak dan satu motor tanpa nomor (nopol) yang digunakan pelaku saat beraksi.

“Tiga pelaku kami tahan di Polresta Padang, sementara pelaku SWN kami titipkan di sel tahanan khusus perempuan Polsek Padang Timur,” tutur Dedy. (*)

Pos terkait