PPDB SD dan SMP Dibuka Hari Ini

Ilustrasi PPDB Sumbar
Ilustrasi PPDB Sumbar

HALONUSA.COM – Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) tingkat Sekolah Dasar (SD) dan Sekolah Menengah Pertama (SMP) di Kota Padang telah dibuka hari ini, Kamis (16/06/2022).

PPDB secara Online ini bisa diakses melalui website http://psb.diknaspadang.id/ dan bisa mengikuti arahan dari website tersebut.

Bacaan Lainnya

“PPDB dilaksanakan secara online, setelah pengumuman kelulusan di satuan pendidikan, dengan mengunggah bukti kelulusan dan kartu keluarga,” jelas Sekretaris Dinas Pendidikan (Kadisdik) Kota Padang, Nurfitri saat Diseminasi Informasi Diskominfo di Media Center Balai Kota, Kamis, (16/6/2022).

Menurutnya, teknis pelaksanaan PPBD, telah disosialisasikan kepada operator sekolah di tingkat SD dan SMP. Sehingga orang tua yang kesulitan untuk mendaftarkan anaknya dapat dibantu oleh operator.

“Dinas sudah melakukan sosialisasi dengan semua operator sekolah untuk teknis pelaksanaan PPDB secara online, jadi nanti siswa akan mendaftar secara online baik oleh guru atau orang tuanya, namun yang dianjurkan orang tuanya, dan jika orang tuanya kesulitan akan dibantu oleh operator sekolah,” katanya.

Ia mengatakan, sesuai dengan Permendikbud Nomor 1 Tahun 2021, sekolah tidak diperbolehkan melakukan seleksi akademik kepada calon peserta didik dari TK ke SD ataupun dari SD ke SMP.

“Sekolah tidak diperbolehkan melakukan tes akademik atau seleksi tertulis bagi calon peserta didik, misalnya tes menulis membaca untuk siswa TK yang hendak masuk SD,” lanjutnya.

Pos terkait