Pra Musim MotoGP Mandalika, Polda NTB Lumpuhkan Puluhan Drone

Ilustrasi Drone
Ilustrasi Drone

HALONUSA.COM – Selama pelaksanaan pra musim MotoGP 2022 di Mandalika, Kepolisian Daerah (Polda) Nusa Tenggara Barat (NTB) lumpuhkan sebanyak 21 drone liar.

Kepala Bidang Hubungan Masyarakat Polda NTB, Kombes Pol Artanto mengatakan, sebanyak 5 drone berhasil dilumpuhkan pada Kamis (10/2/2022), lalu 7 unit sehari setelahnya dan terakhir pada Sabtu (12/2/2022) berhasil diturunkan secara paksa sebanyak 9 drone.

Bacaan Lainnya

“Tindakan ini untuk memberikan rasa aman bagi para pebalap dan penyelenggara MotoGP Mandalika,” katanya.

Ia mengatakan, seluruh drone tersebut diturunkan paksa dengan alat pengacak sinyal khusus drone (anti-drone jammers) dengan kemampuan deteksi hingga 2 kilometer milik Korps Brimob Polri yang diperbantukan ke Polda NTB.

“Tim khusus ini ditempatkan di beberapa bukit di sekitar Sirkuit Mandalika,” lanjutnya.

Menurutnya, keberadaan drone tersebut akan mengganggu helikopter yang akan terbang. Kebijakan tersebut tidak lepas dari kesepakatan antara Polda NTB dan PT Indonesia Tourism Development Corporation (ITDC) dan pihak terkait lainnya.

“Drone liar yang terbang tanpa izin dari penyelenggara MotoGP tidak diperbolehkan untuk terbang karena akan mengganggu jalannya kegiatan di atas lintasan. Kami sudah mengimbau warga untuk tidak menerbangkan drone tanpa izin,” lanjutnya.

Ia menyatakan, pihaknya telah mengimbau dan membina pihak-pihak yang sempat melakukan tindakan berbahaya tersebut.

Pos terkait