Presiden: Extraordinary Dilakukan dengan Hati-hati

Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) saat memberikan pidato Hari Guru Nasional 2020 | Halonusa
Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) saat memberikan pidato Hari Guru Nasional 2020 | Halonusa

HALONUSA.COM – Presiden Joko Widodo (Jokowi) menegaskan, langkah luar biasa (extraordinary) yang ditempuh pemerintah dalam menangani pandemi Covid-19 dilakukan secara hati-hati serta melalui berbagai pertimbangan cermat.

Hal itu disampaikan saat menghadiri Sidang Pleno Khusus Penyampaian Laporan Mahkamah Konstitusi Tahun 2021 di Gedung MK Jakarta, Kamis (10/2/2022).

Bacaan Lainnya

“Saya ingin menegaskan, bahwa langkah-langkah extraordinary yang ditempuh pemerintah dalam penanganan pandemi dilakukan dengan penuh kehati-hatian dan sudah dengan pertimbangan-pertimbangan yang cermat, menjaga agar semua langkah yang ditempuh tetap berada dalam koridor hukum dan koridor konstitusi,” katanya.

Menurutnya, semua yang diputuskan pemerintah sudah berdasarkan pertimbangan matang untuk mengatasi krisis akibat pandemi Covid-19.

“Didasari berbagai pertimbangan-pertimbangan yang matang, untuk mengatasi krisis, menyelamatkan masyarakat, menyelamatkan bangsa,” lanjutnya.

Menurutnya, alam waktu dua tahun terakhir, Indonesia telah menjumpai berbagai dinamika berkonstitusi yang dinamis. Situasi krisis menurut Presiden telah memaksa pemerintah untuk mengambil respons yang cepat dan tepat, dengan cara-cara yang lebih fleksibel dan responsif dengan menempatkan keselamatan rakyat menjadi prioritas utama.

“Banyak negara memutuskan untuk mengambil langkah dan tindakan luar biasa, extraordinary, untuk merespon situasi krisis akibat pandemi Covid-19. Inilah tantangan dan sekaligus ujian nyata dalam praktek berkonstitusi,” katanya.

Ia mengatakan, sebagai negara hukum, kerjasama dari berbagai pihak harus dilaksanakan dalam menegakkan hukum dan keadilan untuk kepentingan rakyat dan kemajuan bangsa. Pemerintah yakin, kehidupan bernegara akan tertata dengan baik, jika diselenggarakan berdasarkan konstitusi.

Pos terkait