Presiden Joko Widodo Berencana ke Sumbar, Ini Jadwal dan Agendanya

Presiden RI, Joko Widodo. (Foto: Istimewa/Dok. BPMI Setpres)
Presiden RI, Joko Widodo. (Foto: Istimewa/Dok. BPMI Setpres)

HALONUSA.COM – Presiden RI, Joko Widodo dijadwalkan mengunjungi Sumatera Barat (Sumbar) pada bulan Oktober 2022 mendatang.

Orang nomor satu di Indonesia tersebut akan menyambangi Kabupaten Pasaman Barat (Pasbar) dan Pasaman.

Bacaan Lainnya

“Kedatangan Presiden dalam rangka melihat perkembangan penanganan pasca gempa serta bantuan untuk korban terdampak,” kata Sekretaris BPBD Kabupaten Pasbar, Gustrizal.

Gustrizal mengatakan, korban gempa yang bangunannya mengalami kerusakan berat dibantu sebesar Rp50 juta.

“Bantuan tersebut dikucurkan dari Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) sebesar Rp50 juta,” katanya.

Seperti diketahui, gempa bumi berkekuatan atau magnitudo 6,2 mengguncang Pasaman Barat (Pasbar), Sumatera Barat (Sumbar), Jumat (25/2/2022) pukul 08.39 WIB.

Gempa ini ternyata terasa hingga negara tetangga, yakni Singapura dan Malaysia.

“Gempa Pasaman M6,2 ini dirasakan hingga jauh karena memang groundmotionnya cukup kuat dan direspon oleh tanah lunak dan teramplifikasi hingga dapat dirasakan di Malaysia,” kata Kepala Badan Mitigasi Gempa Bumi dan Tsunami pada BMKG saat itu, Daryono melalui akun Twitter pribadinya @DaryonoBMKG, Jumat (25/2/2022).

Berdasarkan laporan dari situs resmi BMKG, sejumlah daerah yang turut merasakan guncangan gempa yakni, Pasaman dengan skala MMI V; Agam dengan skala MMI IV; Bukittinggi dengan skala MMI IV; Padang Panjang dengan skala MMI IV.

Kemudian, Padang dengan skala MMI III; Payakumbuh dengan skala MMI III; Aek Godang dengan skala MMI III; Gunung Sitoli dengan skala MMI III; Pesisir Selatan dengan skala MMI II; Rantau Parapat dengan skala MMI II; Nias Selatan dengan skala MMI II.

Pos terkait