Profil dan Karya Ismail Marzuki

Ismail Marzuki di Google Poodle
Ismail Marzuki di Google Poodle

HALONUSA.COM – Ismail Marzuki adalah seorang pahlawan Republik Indonesia sekali gus seorang Komposer ternama di masanya.

Ismail Marzuki lahir pada 11 Mei 1914 di Kwitang, Senen, Jakarta Pusat. Pada masa hidupnya, Ismail Marzuki merupakan seorang musisi Tanah Air.

Bacaan Lainnya

Ismail Marzuki aktif sebagai musisi sejak tahun 1931 sampai 1958dan meninggal dunia pada 25 Mei 1958 pada umur 44 tahun.

Ismail Marzuki tumbuh dengan rajin berlatih musik hingga lima jam sehari. Latihan keras itu membuat Ismail Marzuki menguasai delapan instrumen. Delapan instrumen yang dikuasai adalah harmonika, mandolin, gitar, ukulele, biola, akordeon, saksofon, dan piano.

Pada umur 17 tahun, Ismail Marzuki menggubah lagu pertama dari ratusan lagu yang akan ia hasilkan sepanjang kariernya.

Lagu-lagu yang diciptakan Ismail Marzuki selalu bertemakan perjuangan kemerdekaan Indonesia dengan nada melankolis sekaligus mewakili ketahanan bangsa melalui melodi yang diingat hingga saat ini.

Ismail Marzuki juga mampu mengisi hati orang Indonesia yang dengan bangga menyiarkan lagu-lagunya selama bertahun-tahun di Radio Republik Indonesia (RRI), sembilan di antaranya menjadi lagu kebangsaan.

Pos terkait