Profil Nagari Kajai, Kecamatan Talamau, Kabupaten Pasaman Barat, Sumatera Barat

  • Whatsapp
Logo-Kabupaten-Pasaman-Barat-Sumbar-Halonusa.com-Data-Kariadil Harefa-Tanharimage-Tuah Basamo-54321
Logo Kabupaten Pasaman Barat, Sumatera Barat |

HALONUSA.COM – Simak profil Nagari Kajai yang masuk dalam wilayah administrasi Kecamatan Talamau, Kabupaten Pasaman Barat, Sumatera Barat (Sumbar).

Nagari Kajai memiliki luas 111.58 kilometer persegi, yang terdiri dari 8 jorong, antara lain: Jorong Mudiaksimpang, Timboabu, Limpato, Kampuang Alang, Lubuak Sariak, Pasa Lamo, Rimbo Batu dan Jorong Tanjung Beruang.

Jumlah penduduk Nagari Kajai sebanyak 11898 jiwa, yang terdiri dari 6019 laki-laki dan 5880 perempuan.

Fasilitas Pendidikan

Pada Kecamatan Talamau, Kabupaten Pasaman Barat terdapat sebanyak 8 Sekolah Dasar (SD) Negeri, sementara jumlah SD Swasta di terdapat dua di kecamatan ini.

Jumlah SMP Negeri ada sebanyak 4, adapun SMP Swasta atau Madrasah Sanawiah (MTs) sebanyak 5.

Sedangkan Sekolah Menengah Atas terdapat sebanyak 5 di Kecamatan Talamau, dengan status negeri ada 1, kemudian Madrasah Aliyah (MA) Negeri ada 1 dan 2 swasta. Adapun Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Negeri terdapat sebanyak 1.

Fasilitas Kesehatan

Di Kecamatan Talamau, Kabupaten Pasaman Barat terdapat dua (2) puskesmas, di antaranya puskesmas tanpa rawat inap dan rawat inap. Kemudian di Nagari Kajai terdapat 20 posyandu yang tersebar di sejumlah jorong, 1 polindes di Jorong Mudiak Simpang dan 1 puskesmas pembantu di Jorong Limpato.

Adapun di Nagari Talu terdapat 12 posyandu tersebar di lima (5) jorong yang masing-masing juga memiliki polindes. Sedangkan di Nagari Sinuruik terdapat 13 posyandu dan empat (4) polindes.

Pos terkait