Profil Rio Handevis yang Pimpin Olahraga Arung Jeram Sumbar, Ternyata tak Asing dengan Alam

Ketua FAJI Sumbar periode 2022-2026, Rio Handevis (kiri) mengalahkan kompetitornya, Miya Maharani. (Foto: Dok. Istimewa)
Ketua FAJI Sumbar periode 2022-2026, Rio Handevis (kiri) mengalahkan kompetitornya, Miya Maharani. (Foto: Dok. Istimewa)

HALONUSA.COM – Federasi Arung Jeram Indonesia (FAJI) Sumatera Barat (Sumbar) resmi memiliki ketua yang baru untuk periode 2022-2026.

Sosok tersebut bernama Rio Handevis yang terpilih di dalam Musyawarah Daerah (Musda) FAJI Sumbar pada Sabtu (6/8/2022) lalu.

Bacaan Lainnya

Rio terpilih usai mengalahkan kompetitornya, Miya Maharani dengan perolehan sembilan berbanding enam suara dari 14 pengurus cabang (Pengcab) ditambah 1 pengurus provinsi (Pengprov).

Belakangan diketahui, sosok Rio Handevis bukanlah sosok yang asing dengan olahraga yang memicu adrenalin tersebut.

Semasa kuliah di Universitas Andalas (Unand), dirinya aktif berkecimpung dengan organisasi Mahasiswa Pecinta Alam (Mapala).

Usai terpilih menjadi Ketua FAJI Sumbar, Rio mengatakan akan memperbanyak kegiatan arung jeram di Sumbar dengan cara mengajak setiap pengurus cabang melaksanakan berbagai kejuaraan.

Dengan demikian, katanya, atlet arung jeram punya sarana untuk bertanding dan mengukur kemampuannya.

“Kami jadikan kegiatan perlombaan itu sebagai ajang untuk mengasah kemampuan atlet arung jeram di daerah-daerah,” katanya.

Selain itu, kata Rio, dirinya beserta pengurus FAJI Sumbar akan mengupayakan kelengkapan sarana prasarana mumpuni untuk setiap cabang FAJI di daerah.

Dirinya berharap arung jeram menjadi olahraga yang membumi di Sumbar.

“Tentu dampaknya kepada warga di sekitar aliran sungai, maka itu kamu butuh sinergi dari semua pihak,” katanya.

Ketua FAJI periode sebelumnya, Zuhrizul mengeklaim bahwa FAJI Sumbar sudah mulai berkembang dan sudah menoreh berbagai prestasi baik di tingkat nasional dan internasional.

Pos terkait