PSG Gadut Tunjukkan Geliat Pembinaan Sepakbola Ranah Minang

PSG Gadut Tunjukkan Geliat Pembinaan Sepakbola Ranah Minang
Tim Sepakbola PSG Gadut, Kota Padang. (Foto: Istimewa)
HALONUSA.COM - Geliat pembinaan sepakbola di Sumatera Barat semakin bergelora. Ditambah lagi dengan semangat baru PSSI dalam menata kompetisi sepakbola di semua lini, termasuk persepakbolaan Ranah Minang.

Inilah yang menjadi spirit bagi sejumlah klub sepakbola di Sumatera Barat, khususnya Kota Padang, salah satunya adalah Perserikatan Sepakbola Gadut atau yang biasa dikenal dengan PSG Gadut.

Klub ini bermarkas di lapangan sepakbola Komplek Unand, Ulu Gadut, Kelurahan Limau Manis Selatan, Kecamatan Pauh. Dengan motto “Semoga Bermanfaat untuk Orang Banyak”, PSG Gadut membentuk Sekolah Sepak Bola (SSB) mulai U-9 tahun hingga U-17.

Di awal berdirinya, dua mantan pemain Tim Nasional Indonesia dan legenda Semen Padang FC. Aprius, eks skuad PSSI B di Piala Raja, Bangkok sebagai Direktur Teknik dan Herman Pulalo, skuad Timnas Indonesia 1987 menukangi klub ini.

Kini, PSG Gadut diarsiteki oleh Muhammad Arifin Syafril yang sudah mengantongi lisensi C AFC. Dengan target memberikan ilmu sepakbola dan membina anak-anak. Kemudian, selalu berpartisipasi setiap ada turnamen atau kompetisi sesuai tingkatan umur, baik di lingkungan Askot atau Asprov.

Terpisah, Rahman Maulana selaku Manajer PSG mengatakan, saat ini memang tengah dilakukan pemupukan anak-anak untuk belajar menjadi pesepakbola.

“Kita bangun lagi tim ini dari awal dan menggali potensi sepakbola mereka yang selama ini terpendam,” katanya.

Disebut Rahman, PSG saat ini tengah mengikuti iven untuk Kelompok Umur (KU) 17, KU 15 dan KU 13. Sambil berjalan, sebut Rahman, dia juga terus mencari pemain-pemain muda di Kota Padang, khususnya kawasan Gadut.

“Pemain kita yang ada saat ini didominasi oleh pemain lokal dari Gadut dan ada 3 dari Padang Pariaman serta 1 pemain dari Payakumbuh. Sejauh ini, progres kita sudah baik,” katanya.

Dia berharap support dan dukungan dari masyarakat terhadap PSG. Selain itu, tim sepakbola yang bermain di Lapangan Gadut ini juga masih menerima pemain muda yang ingin berkarir di sepakbola.

Dia menambahkan, PSG Gadut sendiri saat ini sudah memiliki manajemen yang solid dan ditandai dengan adanya akta pendirian. Dia menegaskan, selain yang ada di dalam akta tersebut, sudah dipastikan mengaku saja.

"Ini perlu kita tekankan, sebab, banyak juga yang bertanya siapa saja yang ada di PSG Gadut saat ini. Ya, saat pastikan manajemen PSG Gadut adalah orang yang namanya tertulis di akta pendirian," tutupnya. (*)

Berikut susunan Manajemen PSG Gadut:

Pengurus:
Ketua: Zulfi Eka Putra
Wakil Ketua: Hayatul Ikhlas
Sekretaris: Syalmon Sulriendi
Bendahara: Arief Fauji

Pengawas:
Ketua: Syafri Mentri
Anggota:
Jufrizal
Ricki Kurniawan
Candra Gunawan
Handri Ardiman
Robi Fiarman
Dhani Agustian
Rahman Maulana
Benni Fratama

Berita Lainnya

Index