Puan Maharani dan Muhammadiyah, Punya Ikatan?

Ketua DPR RI Puan Maharani. Foto: Dery Ridwansah/ JawaPos.com

HALONUSA.COM – Sisi lain dari perempuan pertama menjabat sebagai Ketua DPR RI, Puan Maharani dengan Muhammadiyah dikabarkan sangat erat.

Hubungan Muhammadiyah dengan Puan Maharani tidak sekadar silaturahmi melainkan ada pertalian darah.

Bacaan Lainnya

Pertalian darah dimaksud dari leluhur, dimana Presiden Soekarno dan Fatmawati pernah tergabung dalam Muhammadiyah dan Soekarno merupakan kader Muhammadiyah.

Ini terungkap kala Puan Maharani bertandang ke Madrasah Mualimat Muhammadiyah Yogyakarta, saat memangku Menteri Koordinator (Menko) Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (PMK) Republik Indonesia (RI), 2018.

“Ada satu hal yang kemudian membuat saya agak lama menatap gambar tersebut. Karena ternyata ada kalimatnya Bung Karno. Bung Karno presiden pertama dan yang pasti adalah kalimat yang ditulis itu membuat saya seperti kembali lagi ke rumah saya,” kata Puan Maharani yang digadangkan calon Presiden 2024.
“Sekali Muhammadiyah tetap Muhammadiyah” tutur Soekarno yang kemudian disapa Bung Karno, dan tulisan itu masih utuh dalam gambar Presiden pertama Indonesia, tertuang dalam foto itu tahun 1957.
“Nenek saya, Ibu Fatmawati, penjahit bendera pusaka pun mengatakan dirinya Muhammadiyah. Kebetulan kakek buyut saya sama eyang putri saya yang dari ibu Fatmawati itu waktu saya lahir sudah sepuh. Tapi saya bisa melihat beliau berdua itu orang Muhammadiyah,” kata Puan saat Resepsi Milad ke-109 Muhammadiyah.
“Jadi memang kedekatan keluarga kami ini dengan keluarga besar Muhammadiyah sudah melekat jauh-jauh hari sebelumnya, jadi tidak mengaku-ngaku. Karena betul kami ini keluarga Muhammadiyah,” ungkapnya.

Pos terkait