Puncak World Cleanup Day di Pesisir Utara, Wali Kota Cirebon Ajak Rakyat Merawat Kawasan Pesisir

  • Whatsapp

HALONUSA.COM – Pada puncak Hari Bersih-Bersih Sedunia atau World Cleanup Day (WCD) di kawasan Pesisir Utara, Kelurahan Panjunan dan Kelurahan Kebon Baru, Kota Cirebon, Sabtu (18/9/2021), Wali Kota Cirebon, Nashrudin Azis mengimbau masyarakat agar bersama-sama menjaga kebersihan pantai.

Efek dari menjaga lingkungan menurut Nashrudin Azis , selain berdampak pada kebersihan lingkungan juga menarik kedatangan wisatawan lokal dan mancanegara ke kawasan wisata terutama di pantai utara Jawa Barat, Kota Cirebon.

Bacaan Lainnya

Ini tidak terlepas dari geografis bahwasanya Kota Cirebon berada di kawasan bibir pantai. Wali Kota Cirebon Nashrudin Azis menyakini, dengan garis pantai tujuh kilometer dapat dioptimalkan menjadi kawasan wisata.

“Jangan ada lagi terjadi pemadatan menggunakan sampah, sebab itu telah melanggar aturan,” terang Nashrudin Azis.

Aturan yang dimaksud Aziz, Peraturan Daerah (Perda) Nomor 4 tahun 2018 tentang Pengelolaan Sampah.

“Kita tidak ingin melihat lagi sampah menumpuk di pesisir pantai, bahkan ada pula empang yang diurug menggunakan sampah bekas. Ini, ini sangat merusak dan atau mengganggu lingkungan.” kata Nashrudin Aziz, Wali Kota Cirebon.

Mengantisipasi hal ini pun Pemerintah Kota Cirebon telah bekerja sama dengan Polres Cirebon, Sat Pol PP dalam menegakkan Perda Nomor 4 tahun 2018 tentang Pengelolaan Sampah.

“Selain itu tentu mengupayakan sosialisasi dan mengajak masyarakat agar bersama-sama menjaga kebersihan,” tutupnya. (ril)

Pos terkait