Rakyat Medan, Surakarta dan Balikpapan Sudah Bisa Menikmati Layanan Telkomsel 5G

  • Whatsapp
Layanan Telkomsel 5G - Halonusa - Medan - Sumatra
Setelah melakukan peluncuran layanan 5G di Jakarta, Telkomsel melanjutkannya komitmennya sebagai “the first 5G operator in Indonesia” untuk membuat dunia penuh peluang melalui kolaborasi dengan tiga pemerintah daerah, yaitu Surakarta, Medan, dan Balikpapan. | Telkomsel/Halonusa

HALONUSA.COM – Layanan 5G Telkomsel secara resmi telah diluncurkan di tiga kota di Indonesia. Yakni Medan, Surakarta dan Balikpapan, yang dilangsungkan di GraPARI Group Medan, kantor Balai Kota Surakarta dan GraPARI, Kamis (3/6/2021). Peluncuran itu pasca peluncuran layanan Telkomsel 5G di Jakarta.

Cakupan Telkomsel 5G di Kota Medan meliputi area GraPARI Telkom Group Medan, area residensial BHR Residence (Bukit Hijau Regency), Taman Setia Budi Indah (Tasbih 1) dan Perumahan Dinas Pemerintahan di Jalan Jenderal Sudirman.

Kemudian di Kota Surakarta, luas cakupan jaringan Telkomsel 5G meliputi area Balai Kota Surakarta dan GraPARI Surakarta.

Sedangkan di kota Balikpapan, jaringan Telkomsel 5G sudah dapat dinikmati di GraPARI Balikpapan.

Baca juga: 5G Telkomsel Tersedia di Sembilan Kota, Berikut Kota dan Cara Menikmatinya

Masyarakat setempat bisa mencoba dan merasakan secara langsung pengalaman menggunakan layanan digital terkini yang didukung dengan jaringan 5G dari Telkomsel di area GraPARI Telkom Group Medan, GraPARI Surakarta, dan GraPARI Balikpapan.

Hadir di GraPARI tersebut berbagai demo yang kedepannya dapat dimanfaatkan oleh segmen pelanggan umum dalam mendukung aktivitas keseharian, seperti seperti Cloud Gaming, VR, 5G Roaming, dan 5G FWA (Fixed Wireless Access).

Pada momen peluncuran di kota Surakarta, bertempat di Balaikota Surakarta, Telkomsel juga menghadirkan demo pemanfaatan akses jaringan 5G untuk layanan digital masa depan yang dapat dimanfaatkan untuk memaksimalkan transformasi operasional instansi pemerintah, terutama pemerintah daerah, seperti teknologi Virtual Tourism yang didukung VR Immersive Experience.

High Speed Office Connectivity yang didukung layanan 5G FWA dari perangkat Telkomsel ORBIT 5G, Interactive Public Services untuk pemanfaatan fitur video call di layanan Pajak kota Surakarta yang didukung teknologi nGage Video, dan Health and Safety Detection yang menggunakan keunggulan fitur Video Analytic.

Baca juga: Sah! Telkomsel Luncurkan Layanan Telkomsel 5G Serentak di Kota Balikpapan, Medan, dan Surakarta

Perangkat yang mendukung layanan Telkomsel 5G adalah perangkat dengan kemampuan teknologi 5G NSA (non-standalone) pada frekuensi 2300 MHz, di antaranya yaitu Oppo Reno5 5G, Huawei Mate 40, Vivo X60 dan Vivo X60 Pro.

Telkomsel akan terus memperluas kerjasama dengan berbagai mitra device untuk menghadirkan pilihan yang bervariasi bagi seluruh pelanggan Telkomsel, termasuk dengan Apple dan Samsung.
Tahap ini, pelanggan perlu melakukan proses penyesuaian di perangkat lunak/software smartphone agar smartphone tersebut dapat terhubung dengan layanan Telkomsel 5G, yang mana prosedurnya akan disediakan oleh masing-masing produsen smartphone.

Bagi pelanggan yang ingin menikmati layanan Telkomsel 5G, terlebih dahulu harus memastikan beberapa hal berikut:

  • Menggunakan kartu bertipe uSIM (kartu SIM 4G)
  • Berada di lokasi yang sudah terlayani jaringan Telkomsel 5G
  • Menggunakan perangkat smartphone yang telah mendukung jaringan dan layanan Telkomsel 5G, serta memastikan fitur 5G sudah aktif pada perangkat tersebut
  • Memastikan nomor ponselnya telah aktif fitur 5G
  • Untuk saat ini nomor ponsel sejumlah pelanggan telah diaktifkan fitur 5G secara langsung (bertambah secara bertahap).
  • Pelanggan juga dapat mengunjungi telkomsel.com/5G dan mengisi form registrasi dan memberikan aspirasi sebagai bahan pertimbangan pengembangan jaringan Telkomsel 5G

“Kedepannya, Telkomsel berkomitmen akan terus menjalin kerja sama strategis dengan berbagai pihak yang dapat memberikan dampak positif bagi pengembangan teknologi mutakhir untuk dapat menjawab kebutuhan masyarakat yang terus berkembang,” kata Direktur Utama Telkomsel, Hendri Mulya Syam.

Sebagai operator 5G pertama di Indonesia, Telkomsel akan mengoptimalkan kesempatan ini untuk dapat berkontribusi lebih besar bagi kemajuan bangsa melalui inovasi terdepan.

Informasi lebih lanjut dan untuk memberikan aspirasi serta masukan mengenai layanan Telkomsel 5G dapat diakses melalui telkomsel.com/5G. (*)

Pos terkait