Ramadan 1443 Hijriah: Kemegahan Masjid Al Hakim Pantai Padang, Bangunan dengan Arsitektur Taj Mahal

Masjid Al Hakim Padang. (Foto: Dok. Muhammad Aidil/Halonusa.com)
Masjid Al Hakim Padang. (Foto: Dok. Muhammad Aidil/Halonusa.com)

HALONUSA.COM – Dari ujung Pantai Padang, Sumatera Barat (Sumbar), berdiri sebuah Masjid dengan cat warna putih dan ornamen mewah. Bangunan tersebut adalah Masjid Al Hakim yang menjadi lokasi favorit wisata religi, terutama di bulan Ramadan 1443 Hijriah ini.

Saat bulan puasa ini, Masjid tersebut masih mengundang ketertarikan dari wisatawan lokal dan luar Sumatera Barat (Sumbar).

Selain terletak di objek wisata andalan Kota Padang, masjid berwarna putih ini memiliki arsitektur mirip bangunan megah yang ada di India, yakni Tak Mahal.

Bacaan Lainnya

Yah, Taj Mahal. Begitulah bayangan sepintas melintas tatkala melewati bangunan tersebut yang tampak berkilau oleh pantulan matahari tersebut.

Masjid yang memiliki tampilan simetris ini berciri khas satu kubah besar di bagian tengah dan dikelilingi oleh empat kubah yang lebih kecil, ditambah empat menara yang nyaris sama seperti bangunan super megah Taj Mahal, salah satu dari tujuh keajaiban dunia yang terletak di negara India.

Masjid ini didirikan oleh seorang pengusaha sukses asal Kota Pekanbaru, Riau yang juga merupakan putra Minangkabau.

Sejatinya, pembangunan Masjid Al Hakim ini telah direncakan sejak tahun 2016 silam. Sejumlah tempat telah disiapkan untuk pembangunan rumah ibadah tersebut.

Pada akhirnya, sang donatur pun terpikat hatinya untuk membangun Masjid di sudut Pantai Padang di Jalan Samudera, Kecamatan Padang Barat, Kota Padang.

Selain tempat yang strategis, tempat ini dipilih setelah adanya tawaran hibah lahan dari Pemerintah Kota (Pemko) Padang.

Masjid Al Hakim Padang. (Foto: Dok. Muhammad Aidil/Halonusa.com)
Masjid Al Hakim Padang. (Foto: Dok. Muhammad Aidil/Halonusa.com)

Pada awal 2017, pembangunan masjid dimulai dengan ditandai peletakan batu pertama. Desain Masjid Al-Hakim sendiri dirancang oleh seorang arsitek lulusan Universitas Islam Indonesia (UII), yang bernaung di Biro Arsitektur Pekanbaru.

Desain Masjid ini sebenarnya memang seluruhnya ide dari donator yang bernama Haji Arnes Azwar yang ingin desain masjid ini simpel, minimalis dan modern, sehingga dibangunlah layaknya Taj Mahal.

Pos terkait