Remaja di Padang Beli Motor Mahal, Diduga Hasil Curi Uang dan Emas Milik Keluarga Sendiri

Remaja di Padang Beli Motor Mahal, Diduga Hasil Curi Uang dan Emas Milik Keluarga Sendiri
Pelaku pencurian emas dan uang milik keluarga sendiri yang ditangkap oleh Tim Klewang. (Foto: Dok. Polresta Padang)|Sepeda motor hasil curian yang dibeli seorang remaja berinisial MRA, 17 tahun. (Foto: Dok. Polresta Padang)|Uang tunai diduga hasil pencuri
HALONUSA.COM - Seorang remaja berinisial MRA, 17 tahun, diduga nekat mencuri sejumlah uang dan emas milik korban yang masih merupakan keluarganya sendiri. Mirisnya, barang hasil curian sudah dibelikan ke sepeda motor dengan harga mahal.

Pelaku ditangkap oleh Tim Klewang Satuan Reserse Kriminal (Satreskrim) Kepolisian Resor Kota (Polresta) Padang pada Minggu (5/9/2021) dini hari pukul 00.20 di kawasan Pantai Padang, Kecamatan Padang Barat.

Penangkapan MRA berdasarkan laporan polisi nomor LP/B/445/IX/2021/SPKT/Polresta Padang/Polda Sumatera Barat tanggal 5 September 2021.

"Dari laporan yang kami terima, aksi pencurian itu diketahui terjadi pada Kamis (26/9/2021), namun baru diketahui empat hari setelah pelaku dicurigai mencurigai barang berharga milik orang tua sepupunya yang juga masih keluarganya sendiri atau pada Senin (30/9/2021) lalu," kata Kasat Reskrim Polresta Padang, Kompol Rico Fernanda.

Penangkapan MRA setelah pihak korban berkonsultasi dengan Tim Klewang karena curiga dengan pelaku yang bisa membeli motor baru dengan harga yang mahal.

[caption id="attachment_10047" align="aligncenter" width="1599"]Sepeda motor hasil curian yang dibeli seorang remaja berinisial MRA, 17 tahun. (Foto: Dok. Polresta Padang) Sepeda motor hasil curian yang dibeli seorang remaja berinisial MRA, 17 tahun. (Foto: Dok. Polresta Padang)[/caption]

Sebelum kecurigaan ini muncul, orang tua korban, yakni M, 69 tahun, kehilangan sejumlah uang dan emasnya saat hendak membeli sarapan pagi dan ingin mengambil uang yang ada di dalam dompet yang diletakkan di dapur, namun tidak bertemu.

"Korban pun ke kamar untuk mengambil uang di dalam tas, namun hilang," katanya.

Berdasarkan penuturan korban, ungkap Rico, korban kehilangan uang sekitar Rp4 juta, gelang emas dengan berta 10 mas, emas antam berat 18 mas sudah lenyap hilang dicuri.

[caption id="attachment_10048" align="aligncenter" width="960"]Uang tunai diduga hasil pencurian yang dilakukan oleh MRA, 17 tahun. (Foto: Dok. Polresta Padang) Uang tunai diduga hasil pencurian yang dilakukan oleh MRA, 17 tahun. (Foto: Dok. Polresta Padang)[/caption]

"Total keseluruhan emas yang dicuri itu 28 mas dengan kerugian Rp65 juta," ungkapnya.

Sedang nongkrong

Pelaku yang sudah dilaporkan ke polisi kemudian ditangkap di kawasan Pantai Padang ketika sedang nongkrong bersama beberapa orang. Tidak ada perlawanan saat MRA dibekuk petugas.

"Kami kemudian mencari barang bukti lainnya yang masih disimpan oleh pelaku di rumah orang tuanya di kawasan Lubuk Buaya, Kecamatan Koto Tangah," kata Rico.

Hasilnya, polisi menemukan emas antam seberat 25 gram atau 10 mas serta sisa uang hasil pencurian emas.

"Saat ini yang dia sudah kami tahan untuk kepentingan penyidikan," imbuhnya.

Barang bukti yang disita polisi di antaranya, emas antam seberat 25 gram, uang tunai sebesar Rp3,8 juta, satu sepeda motor, satu telepon seluler (ponsel) dan tas perempuan warna coklat. (*)

Berita Lainnya

Index